Penerapan Metode Giving Questions And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Adab Shalat Dan Zikir di MTs Raudlatus Sholihin Rangkang Kraksaan Probolinggo

  • Syafi'ah UNZAH Genggong
  • Ainol Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Kata Kunci: metode giving questions and getting answer, meningkatkan hasil belajar, adab shalat dan zikir

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman siswa yang rendah dalam pelajaran akidah akhlak tentang penerapan adab sholat dan zikir di madrasah tsanawiah (MTs). Rendahnya pemahaman tersebut bisa kita lihat dari data awal siswa sebelum memakai metode yang cocok pada pelajaran akidah akhlak tentang adab sholat dan zikir yakni masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Sehingga diperlukan upaya penerapan pembelajaran dengan menggunkan metode giving questions and getting answer oleh guru agar suasana kelas lebih aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di dalam penerapan metode giving questions and getting answer suasana kelas lebih aktif karena siswa aktif bertanya dan guru tidak hanya aktif menjelaskan namun juga memberikan pertanyaan yang bersifat merangsang pengetahuan siswa. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus penelitian ini terdiri dari beberapa tindakan, di dalamnya membahas materi tentang adab salat dan zikir. Menurut hasil penelitian setelah menggunakan metode giving questions and getting answer hasil belajar siswa menjadi semakin meningkat, hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar kelas VII MTs Raudlatus Shalihin Rangkang Kraksaan Probolinggo ketika diberikan tes oleh peneliti nilainya mengalami peningkatan. Pada data awal ketuntasan siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata mereka dalam presentase berada pada 50%, selanjutnya pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 75% dan siklus II kembali meningkat sebanyak 85%. Interaksi antar peserta didik dan guru menjadi lebih kondusif. Data akhir menunjukkan bahwa setelah melakukan beberapa tindakan dalam dua siklus menggunakan metode ini hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Referensi

Abdul Qodir Jawaz Yazid , 2018, Prinsip-Prinsip ‘Aqidah Ahlus SunnahWal Jama’ah,(Bogor:Pustaka At-Taqwa, ), h.15
Chasanah, A. 2018, Pengaruh Penerapan Modell Pembelajaran Giving QuestionAnd Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMANBanyudono. Jurnal Pendidikan,
Imas Kurniasih dan Berlin Sani.2017, Teknik dan CaraMudah MembuatPenelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Katapena.
Irmawati, 2017, “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas IX SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw”. Jurnal Education :Jurnal Pendidikan Indonesia
Lestari lina, Gosperz Maritje Poppy, 2021, “Student Teams Achievement Devision Hasil Belajar Siswa Materi Segi Empat”. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI)
Margono, 2017. Metode PenelitianPendidikan, Jakarta: RinekaCipta, h 15
Muhaimiin, Pengantar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam,(Jakarta, RajaGrafindopersada), h.5
Ni Putu Meina Ayu Ningsih, Ketut Gus Oka, 2020 ,“Pengaruh Model Pembelajaran Giving Questions and Getting Answer Terhadap Kecerdasan Logis Matematis”. Jurnal Pendidikan Matematika
Wahyudi Edi, N. A. 2018,Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MataPelajaran AkidahAkhlakMenggunakan ModelPembelajaran Berbasis Naturalistik Eksistensial Spiritual.Jurnal Pendidikan Islam.
Zaini Hisyam,dkk.2017.StrategiPembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD h. 23
Diterbitkan
2022-04-19
Bagian
Articles