Metode Statistika Popular pada Skripsi Program Studi S.1 PAI UIN Walisongo Semarang 2021

  • Dwi Yunitasari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Kata Kunci: Metode Statistika, Statistika Deskriptif, Penelitian Kuantitatif

Abstrak

Capaian pembelajaran mata kuliah Statistika Pendidikan adalah mahasiswa mampu memahami dan menerapkan metode statistika pada penelitian dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti excel dan SPSS, permasalahannya adalah masih ada mahasiswa yang belum paham metode statistika baik secara teori maupun praktik. Data empiris tentang macam-macam metode statistika yang digunakan dalam penelitian diperlukan dalam peningkatan kompetensi mahasiswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi metode statistika yang digunakan dalam penelitian; (2) Menghitung frekuensi penggunaan masing-masing metode statistika. Jenis penelitian  ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data statistika yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Variabel penelitian ini adalah jenis metode statistika yang digunakan dalam skripsi mahasiswa prodi S.1 PAI UIN Walisongo Semarang pada semester gasal 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan cara sensus. Sumber data yang digunakan adalah website repository UIN Walisongo Semarang. Identifikasi jenis metode statistika pada skripsi prodi PAI menunjukkan bahwa pada semester gasal 2021/2011 terdapat 57 skripsi pada repository PAI UIN Walisongo Semarang, terbagi menjadi penelitian kuantitatif (10 skripsi) dan kualitatif (47 skripsi). Pada skripsi dengan penelitian kuantitatif,  metode statistika yang digunakan ada 7 (tujuh) macam, yaitu: ukuran pemusatan data (10 skripsi), ukuran keragaman data (10 skripsi), regresi linear sederhana (8 skripsi), tabel distribusi frekuensi (6 skripsi), grafik bar chart (6 skripsi); analisis korelasi (5 skripsi), dan grafik pie chart (1 skripsi). Artinya penelitian kuantitatif di prodi S.1 PAI baru sedikit peminatnya, dan metode statistika yang paling popular adalah ukuran pemusatan data, dan ukuran keragaman data, sedangkan yang kurang popular adalah grafik pie chart

Referensi

Amin, A. K., & Mayasari, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Ikip Pgri Bojonegoro (Penelitian Dilakukan Pada Mata Kuliah Metode Statistika Tahun Ajaran 2014/2015). Magistra, 27(94), 12.
Bakri, R. (2021). Pengembangan Modul Digital Interaktif dalam Pembelajaran Statistika Terapan menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 75-85.
Daryanto, Evaluasi Pendidikan (Jakarta:Rineka Cipta, 2007), 102.
Gredler, M. E. (1997). Learning and instruction: Theory into practice. Prentice Hall.
Lanani, K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Proyek Berbantuan ICT dan Instrumen Penelitian untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Statistis, Komunikasi Statistis dan Academic Help-Seeking Mahasiswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2).
Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan, 39(2).
Muhson, A. (2009). Penerapan Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Statistika Lanjut. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 6(1).
Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155-164.
Numan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114-128.
Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1462-1471.
Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Putra, M. I. S. (2016). Efektivitas Pembelajaran Statistik dengan Pendekatan Keterampilan Multi Representasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI UNIPDU Jombang. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 65-75.
Purnomo, E. A., Dalyono, B., & Handayani, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 117-120.
Riyanto, S., & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 62-67.
Yenni, Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini pada Matakuliah Statistika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 90-102.
Diterbitkan
2022-09-29
Bagian
Articles