Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di SDIT Insan Qurani Sumbawa

  • Ida Aulia Mawaddah STAI NW Samawa
  • Abdul Haris
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Karakter Siswa, SDIT Insan Qurani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pelaksanaan program Profil Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka yang diterapkan di SDIT Insan Qurani Samawa Sumbawa Besar, sekaligus ingin melihat apakah Profil Pelajar Pancasila ini berdampak baik pada karakter peserta didik. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa implementasi Profil Pelajar pancasila terbilang optimal diterapkan di SDIT Insan Qurani Samawa Sumbawa Besar karena sejak awal pendirian sekolah tersebut sudah membangun visi dan misi yang sejalan dengan enam karakteristik Profil Pelajar Pancasila. Partisipasi peserta didik dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila sangat baik terlihat dari bagaimana peran aktif siswa maupun guru dalam pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas karena di jiwa serta sikap setiap hari di dalam komunitas ataupun profesi, kita wajib menanamkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri kita.

Referensi

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Dharma Kesuma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 1992. Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV. Mandar Maju. Imron Ali.
Kalidjernih, Freddy K., 2011, Puspa Ragam, Konsep dan Isu Kewarganegaraan, Bandung: Widya Aksara.
Kemendikbud .2020 . Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.
Lie, Anita, 2021, Profil Pelajar Pancasila dan Konsolidasi di Sekolah, Kompas, edisi Jumat, 29 Januari 2021.
Moh. Nazir. (1998). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta
Moleong, J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Notoatmodjo, Soekidjo, 2003, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Pusat Penguatan Karakter, 2020, Capaian Satu Tahun Kolaborasi dengan Tokoh Penggerak dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta: PUSPEKA.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.
Ruslan,Rosady.2008. Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi.Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Rusman, (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenanda media.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitayif, Kualitatif, PTK R&D. Surakarta: Fairus Media.
Thornberg, Robert. 2016. ”Moral and Citizenship Educational Goals in Value Education: A Cross Cultural Study of Swedish and Turkish Student Teachers Preverences”. Teaching and Teacher Education. 55(2016), pp. 110- 121.
Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta. Bumi Aksara. Undang- Undang Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Diterbitkan
2022-09-29
Bagian
Articles