Analisis Keterampilan Bertanya Mahasiswa pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islama di IAIN Manado

  • Yunus Nur Hidayat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dwi Ratnasari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurul Fajriani Mokodompit Institut Agama Islam Negeri Manado

Abstrak

Munculnya suatu pengetahuan selalu dimulai dengan suatu pertanyaan. Mahasiswa memiliki kemampuan bertanya yang baik merupakan salah satu tolak ukur untuk menggali informasi, menginformasikan apa yang diketahui, dan mengarahkan apa yang belum diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari kebijakan dosen terhadap kuantitas dan kualitas kemampuan bertanya mahasiswa berdasarkan taksonomi Bloom versi terbaru pada perkuliahan mata kuliah Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam. Metode dalam hal ini penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di FTIK IAIN Manado dengan responden penelitian adalah seluruh mahasiswa kelas C semester 5 yang berjumlah 33 mahasiswa. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa jumlah siswa yang bertanya adalah 96%. Kualitas pertanyaan dalam penelitian ini adalah sebanyak 40,62% dengan kategori pertanyaan pada tingkat rendah dan sebanyak 59,3% menunjukan mahasiswa mengajukan pertanyaan pada kategori pertanyaan tingkat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan bertanya mahasiswa tersebut tergolong tinggi melihat dari data terbanyak meskipun tidak signifikan, sehingga dirasa perlu ditingkatkan dan dikembangkan

Referensi

Hu, Hsin Wen, Chiung Hui Chiu, and Guey Fa Chiou, ‘Effects of Question Stem on Pupils’ Online Questioning, Science Learning, and Critical Thinking’, Journal of Educational Research, 112.4 (2019), 564–73
Irsyad, Taufik, Endang Wuryandini, Mahmud Yunus, and Dwi Prastiyo Hadi, ‘Analisis Keaktifan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Statistika Mulitvariat’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12.1 (2020), 89
Komarudin, Dwi Ratnasari, and Asri Karolina, ‘Strategi Pembelajaran Dalam Mata Kuliah Materi Dan Pembelajaran Fiqh Di Madrasah FITK IAIN Curup’, An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2.2 (2022), 110–23
Lamanepa, Godelfridus Hadung, and Isabel Coryunitha Panis, ‘Peningkatan Kemampuan Bertanya Dan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Problem Based Learning’, Jurnal EduMatSains, 3.1 (2018), 99–110
Manurung, Monica Mayeni, and Rahmadi Rahmadi, ‘Identifikasi Faktor-Faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa’, JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1.1 (2017), 41
Masko, Meganne K., Kelly Thormodson, and Kristen Borysewicz, ‘Using Case-Based Learning to Teach Information Literacy and Critical Thinking Skills in Undergraduate Music Therapy Education: A Cohort Study’, Music Therapy Perspectives, 38.2 (2020), 143–49
Nazir, Mohammad, Metode Penelitian (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2017)
Nur’aini, Ratna Dewi, ‘Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku’, INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16.1 (2020), 92–104
Nurul Mahruzah Yulia, and Suttrisno, ‘Keterampilan Bertanya Dengan Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review)’, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2.2 (2022), 258–65
Pratiwi, Dewi Ika, Nur Wandiyah Kamilasari, Dama Nuri, and Supeno, ‘Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di SMP Negeri 2 Jember’, Pembelajaran Fisika, 8.4 (2019), 269–74
Saeed, Tanveer, Shehla Khan, Azra Ahmed, Raisa Gul, Shanaz Cassum, and Yasmin Parpio, ‘Development of Students’ Critical Thinking: The Educators’ Ability to Use Questioning Skills in the Baccalaureate Programmes in Nursing in Pakistan’, Journal of the Pakistan Medical Association, 62.3 (2012), 200–203
Sugiyanto, R, ‘Penerapan Metode Bertanya Dalam Kegiatan Praktek Lapangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa’, Jurnal Geografi, 6.2 (2009), 80–90
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2011)
Suparno, Paul, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan (Yogyakarta: Kanisius, 1997)
Yuliati, Siti Rohmi, and Ika Lestari, ‘Higher-Order Thinking Skills (Hots) Analysis of Students in Solving Hots Question in Higher Education’, Perspektif Ilmu Pendidikan, 32.2 (2018), 181–88
Diterbitkan
2023-09-02
Bagian
Articles