Relevansi Penerapan Metode Statistika secara Metodologis pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam

  • Dwi Yunitasari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Abstrak

Ada perbedaan antara penerapan penelitian kuantitatif, yaitu metode statistik, dan penelitian kualitatif. Pada Program PAI, terdapat 26% skripsi menggunakan penelitian kuantitatif, dan 74% kualitatif. Persentase tersebut memperlihatkan adanya ketimpangan antara penerapan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penyebabnya tidak diketahui, namun ada beberapa alasan mengapa ketimpangan ini tidak boleh terlalu besar. Pertama, ilmu pengetahuan harus selalu didekati, dibedah, dan dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, atau campuran. Kedua, persepsi mahasiswa terhadap statistika termasuk dalam kategori baik, meskipun penelitian mengenai hal ini hanya sedikit. Untuk mengurangi perbedaan ini, penelitian ini mengusulkan untuk mengidentifikasi relevansi penerapan metode statistik secara metodologis dalam penelitian Skripsi Mahasiswa PAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah skripsi program studi S.1 PAI di UIN Walisongo Semarang tahun ajaran 2020/2021 yang dikumpulkan secara sensus. Hasil penelitian ini adalah ada ketidakrelevanan dalam penerapan metode statistik. Pertama, penerapan analisis regresi linier sederhana memiliki 7 kesalahan interpretasi dan komposisi hasil analisis tidak lengkap. Kedua, penerapan analisis korelasi memiliki 5 kesalahan interpretasi, dan hasil analisis tidak lengkap. Ketiga, penerapan analisis regresi linier berganda memiliki 2 kesalahan interpretasi, namun hasil analisisnya lengkap. Keempat, penerapan ukuran pemusatan data memiliki 1 kesalahan interpretasi, namun hasil analisisnya lengkap. Kelima, penerapan Bar chart memiliki 1 kesalahan interpretasi, dan anatomi grafik tidak lengkap.

Referensi

Afifah, S. N., & Wicaksana, E. J. (2017). Persepsi mahasiswa tentang mata kuliah statistik serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar statistik mahasiswa IKIP PGRI Madiun. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 2(1).
Bakri, R. (2021). Pengembangan Modul Digital Interaktif dalam Pembelajaran Statistika Terapan menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 75-85.
Mauliddin, M. (2017). Analisis kesalahan penggunaan uji statistik pada skripsi mahasiswa. Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 141-158.
Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan, 39(2).
Numan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 114-128.
Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1462-1471.
Purnomo, E. A., Dalyono, B., & Handayani, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Matakuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 117-120.
Riyanto, S., & Nugrahanti, F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 62-67.
Wibowo, A. (2017). Pemetaan Kesalahan Penelitian Kuantitatif pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 2(2), 195-216.
Yenni, Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Statistika untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini pada Matakuliah Statistika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 90-102.
Yunitasari, D., & Iqbal, M. (2020). Kecemasan Statistika pada Mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 55-60.
Diterbitkan
2021-09-28
Bagian
Articles