Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Islam

  • Febia Ghina Tsuraya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hasyim Asy’ari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Siska Maulidya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ulfa Nur Fajariya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Kata Kunci: Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja

Abstrak

Saat ini, masih banyak dijumpai bahwa guru yang mengajar kurang memiliki motivasi, kedisiplinan dan kinerja yang maksimal dalam menjalankan tugasnya. Sehingga berdampak negatif terhadap kualitas kelulusan dan mutu pendidikan. Hal ini merupakan tantangan besar untuk kepala sekolah dalam kepemimpinannya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menelaah tentang “Pengaruh disiplin Kerja dan Motivasi Kerja yang Diterapkan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikanâ€. Metode yang  digunakan  dalam  kajian  penelitian  ini  adalah wawancara dan kajian  pustaka atau library  research. Kajian pustaka adalah kajian yang merujuk pada jurnal, buku, dan jurnal yang berkaitan dengan kajian penelitian yang ditunjuk sebagai sumber utama. Hasil dan Pembahasan penelitian ini menjelaskan pengertian dari disiplin kerja, motivasi kerja, serta pengaruh displin kerja dan motivasi kerja yang diterapkan oleh Kepala Sekolah. Melalui penerapan Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja diharapkan dapat meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang efektif.

Referensi

Ali, Siti Nurbaya M, Cut Zahri Harun, and Djailani AR. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sd Negeri Lambaro Angan.” Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah 3, no. 2 (2015): 116–127.
Ariyanti, Nova Syafira, Ahmad Supriyanto, and Agus Timan. “Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2019): 157–168.
Basuki, Kustiadi. “Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Kunci Sukses Kepala Sekolah Arpini.” ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta 53, no. 9 (2019): 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id.
Harmendi, Muhammad, Bukman Lian, and Ratu Wardarita. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021): 46–57.
Lie, Darwin, Efendi Efendi, and Nana Triapnita Nainggolan. “Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok.” Maker: Jurnal Manajemen 8, no. 1 (2022): 82–93.
Mahfud, Mahfud. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se-Kota Bima.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2020): 1–17.
S, Sya’roni, Toni Herlambang, and Dwi Cahyono. “Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia 8, no. 2 (2018): 131–147.
Sriwahyuni, Eci, Muhammad Kristiawan, and Wachidi Wachidi. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada SMK Negeri 2 Bukittinggi.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 4, no. 1 (2019): 21–33.
Suseno, Imam, Supeno Supeno, and Ira Miranti. “Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Bahasa Inggris SMP DKI Jakarta.” Deiksis 9, no. 01 (2017): 90.
Wahyudi, Adi, Partono Thomas, and Rediana Setiyani. “Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru.” Economic Education Analysis Journal 1, no. 2 (2019): 1–8.
Yulia, Yulia, Nur Ahyani, and Ratu Wardarita. “Pengaruh Disiplin Kerja Kepala Sekolah Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri.” Pamator Journal 14, no. 2 (2021): 122–127.
Diterbitkan
2023-09-20
Bagian
Articles