Pembentukan Karakter Santri melalui Habituasi Disiplin Kegiatan Pondok di TMI Al-Amien Prenduan Sumenep

  • Darul Hikmah IAIN Madura
  • Abdul Haris
  • Nurul Zainab
  • Buna'i
Kata Kunci: Keywords: Keywords: Character Formation, Habituation, Discipline

Abstrak

Pendidikan karakter merupakan bagian subtansial dalam sistem pendidikan Islam. Mengamati sejumlah kejadian yang viral akhir-akhir ini dengan fakta merosotnya moral anak bangsa yang disebabkan salah satunya oleh banyak sekolah Indonesia yang hanya menjadikan sekolah sebagai tempat pemindahan ilmu pengetahuan secara umum ataupun etika namun belum memenuhi dalam tahap pembentukan etika dan moral. TMI Al-Amien Prenduan merupakan pondok pesantren sistem pembelajaran terpadu di Sumenep dimana proses pembentukan karakter santri di TMI Al-Amien pada dasarnya langsung diaplikasikan dalam kehidupan nyata melalui kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter santri melalui habituasi disiplin kegiatan pondok di TMI Al-Amien Prenduan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melakukan kondensasi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya dalam pembentukan karakter santri melalui habituasi disiplin kegiatan pondok di TMI Al-Amien Prenduan Sumenep adalah melalui tahap: perancangan (planning), implementasi (implementation), monitoring (Controlling) dan evaluasi (evaluating). Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter santri yaitu: Faktor Pendukung: Faktor Internal, yaitu: Motivasi dan Kesadaran santri sendiri dan latar belakang santri, Faktor Eksternal, yaitu: Ustadz Ustadzah, Keaktifan Pengurus, Fasilitas yang memadai, dan Lingkungan yang Kondusif. Faktor Penghambat yaitu: Masalah Pada Santri dan Pengurus yang kurang semangat atau kelelahan. Kata Kunci: : Pembentukan Karakter, Habituasi, Disiplin

Referensi

Bourdieu, Pierre. Arena Produksi Kultural: Sebuah kajian Sosiologi Budaya, terj. Yudi Santosa. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2015
Budi, Candra Setia “Kasus Kekerasan di Sekolah sering terjadi hingga menyebabkan tewas” Kompas.com,diakses dari https://amp.kompas.com/regional/read/2022/06/18/164848978/kasus kekerasan-di-sekolah-masih-sering-terjadi-hingga-mengakibatkan-siswa pada tanggal 07 Oktober 2022 Pukul 12.45 WIB
Henri. “Filsafat dan Pendidikan Islam: Membangun Konsep dan Teori Pendidikan yang Islami.” Angewandhte Chemie International Edition 6, No. 11, (2018)
Iskandar. Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada, 2009
Mahmudah, Iddah. “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Religius Di SMK PGRI 20 Jakarta” (Tesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022)
Muslihah, Umi. “Tingkat Kesadaran Santri dalam Proses Belajar Mengajar Menurut Imama Ghazali di Madrasah Banat Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Nurussalam Putri Krapyak Yogyakarta” (Tesis, Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2018)
Prananda, Jonathan Christian. Martinus Legowo. “Proses Pembentukan Habituasi Baru Anak Jalanan Di Kota Surabaya” Jurnal Paradigma 8, No. 1 (2020)
Prasetyawan, Rony. “Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Kepribadian Santri di Pondok Pesantren Al Wafa Palangka Raya” (Tesis, IAIN Palangkaraya, 2021)
Ritzer, George. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Posmodern. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2012
Said, Nur. Izzul Mutho. Santri Membaca Zaman: Percikan Pemikiran Kaum Pesantren. Kudus: Santrimenara Pustaka, 2016
Samani. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2011
Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Supriyadi, Edy. “Pengembangan Pendidikan karakter di Sekolah” Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana 5, No. 1 (2010)
Tribunnews, “Viral Video Mesum 29 Derik Pelajar SMA di Lombok Sengaja Direkam” Tribunnews diakses dari https://youtu.be/UE5Fwk3A9i8 Pada Tanggal 07 Oktober 2022 Pukul 12.58 WIB.
Ulum, Miftachul. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren” Jurnal Evaluasi 2, No. 2 (September 2018)
Diterbitkan
2023-07-26
Bagian
Articles