Relevansi Konsep Pendidikan Islam TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Era Kontemporer

  • Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani
  • Ulyan Nasri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi konsep pendidikan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di era kontemporer melalui pendekatan penelitian kualitatif jenis library research. Konsep pendidikan Islam yang diwariskan oleh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid merupakan hasil pemikiran perenungan mendalam yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan perkembangan zaman. Era kontemporer ditandai oleh dinamika sosial, teknologi, dan informasi yang cepat, sehingga relevansi konsep pendidikan Islam perlu dievaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research dengan mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis literatur-literatur terkait konsep pendidikan Islam dari TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan interpretatif untuk mengidentifikasi elemen-elemen konsep pendidikan Islam serta implikasinya di era kontemporer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid memiliki relevansi yang kuat dengan era kontemporer. Konsep pendidikan Islam tersebut mengedepankan pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agama, pemantapan akhlak mulia, pengembangan potensi diri, pemberdayaan masyarakat dan memperkokoh iman takwa. Relevansi ini tercermin dalam kemampuan konsep tersebut untuk merespon tantangan dan peluang yang muncul dalam konteks globalisasi, pluralisme, dan teknologi. Konsep pendidikan Islam TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid juga mendorong pembentukan karakter yang kokoh dan toleran serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan zaman. Penelitian ini menegaskan bahwa konsep pendidikan Islam yang diwariskan oleh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid memiliki relevansi yang signifikan di era kontemporer. Konsep ini dapat menjadi panduan bagi institusi pendidikan dan masyarakat Muslim dalam menghadapi berbagai tantangan dan dinamika zaman modern. Diharapkan penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya wacana pendidikan Islam di tengah kompleksitas perkembangan global saat ini.

Referensi

Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKiS, 2008.
Atsani, Lalu Gede Muhammad Zainuddin, and Nasri Ulyan. “Declaration Of Understanding Radicalism To Islam (Critical Analysis of Islamic Religious Educational Materials in Response to Allegations of Understanding Radicalism to Muslims).” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 4, no. 3 (2021): 401–15. https://doi.org/10.37329/kamaya.v4i3.1411.
———. “Management of the Nahdlatul Wathan Lombok Qur’an Home Education Strategy in Creating Qur’anic Generations.” Al Hikmah: Journal of Education 4, no. 1 (2023): 77–92.
———. “Pemikiran Tgkh. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Tentang Pendidikan Perempuan Dan Relevansinya Dengan Konsep Pendidikan Berwawasan Gender.” Al-Afkar: Jurnal Keislaman Dan Kebudayaan 9, no. 1 (2021): 65–76. https://doi.org/10.32520/afkar.v9i2.318.
Atsani, Lalu Gede Muhammad Zainuddin, Nasri Ulyan, and Dahlia. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukkan Karakter Peserta Didik.” Nahdlatain: Jurnal Kependidikan Dan Pemikiran Islam 1, no. 1 (2022): 95–111. https://doi.org/10.51806/nahdlatain.v1i1.72.
Atsani, Lalu Gede Muhammad Zainuddin, Nasri Ulyan, and Walad Muzakkir. “Getting to Know Ahl Al-Sunnah Wa al-Jema’ah in Context Nahdlatul Wathan.” Proceding International Conference On Islam, Law, and Society (INCOILS) 2022 2, no. 1 (2023): 4.
Der Kraan, Alfons Van. Lombok: Penaklukan, Penjajahan, Dan Keterbelakangan 1870-1940. Yogyakarta: Lengge, 2009.
Diahmad, Muslihat. Pancaran Nahdlatul Wathan. Lombok: CV. Haramain Lombok, 2023.
Fahrurrozi. Nahdlatul Wathan Refleksi Keislaman, Kebangsaan, Dan Keummatan. Lombok: CV. Haramain Lombok, 2019.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.
Hayyi Nukman, Abdul. Nahdlatul Wathan Organisasi Pendidikan, Sosial, Dan Dakwah Islamiyah. Pancor: Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan Lombok Timur, 1988.
Madjid, TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru. Lombok: Pengurus Besar Nahdlatul Wathan, 2002.
Nasri, Ulyan. Akar Historis Pendidikan Perempuan: Refleksi Pemikiran TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
———. “Internalisasi Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (2020): 1–17.
———. Mengenal Ahl Al-Sunnah Wa al-Jama’ah Dalam Konteks Nahdlatul Wathan. Lombok: CV. Haramain Lombok, 2017.
———. Menjemput Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu. Yogyakarta: Semesta Ilmu, 2017.
———. “Shalat Ditinjau Dari Sudut Pandang Pendidikan, Sosial Dan Politik.” Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2018): 44–61.
———. “Understanding of Santri Regarding Quranic Verses as Prayers within Hizib Nahdlatul Wathan and Its Implications for Children’s Education in Daily Life (A Study of Living Quran at the Islamic Center NW Tanjung Riau Batam Boarding School).” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 3 (2023): 1600–1604. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1568.
Noor, Mohammad, dkk. Visi Kebangsaan Religius: Refleksi Pemikiran Dan Perjuangan Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 1904-1997. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, n.d.
Sholihin, Mahfud. Filsafat Pendidikan Islam: Dari Konseptualisasi Hingga Praksis Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2017.
TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru. Anjani: PB NW, tt.
Diterbitkan
2023-09-05
Bagian
Articles