Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

  • Dewi Jayanti STAI NAHDLATUL WATHAN SAMAWA
  • Susanti Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Wathan Samawa Sumbawa Besar, NTB
Kata Kunci: Teacher Efforts, Islamic Religious Education, Learning Motivation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Fokus penelitian ini adalah bagaimana guru mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam ke dalam proses pembelajaran agar dapat mendorong siswa untuk lebih antusias dan bersemangat dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada beberapa guru Pendidikan Agama Islam yang telah memiliki pengalaman dalam mengelola motivasi belajar siswa.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama islam mengimplementasikan berbagai strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Strategi-strategi ini meliputi penggunaan pendekatan interaktif dalam pengajaran, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik, serta pendekatan personalisasi untuk memahami kebutuhan belajar individu. guru juga secara aktif menjalin koneksi emosional dengan siswa melalui komunikasi terbuka, memberikan umpan balik positif, dan menciptakan lingkungan kelas yang inklusif.     Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa penerapan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari oleh guru berdampak positif pada motivasi belajar siswa. Guru yang menjadi contoh dalam menerapkan ajaran agama dalam tindakan nyata mendorong siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut dan menjadikannya sebagai motivasi dalam belajar. 

Referensi

Bali, M. M. E. I. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Probolinggo: Pustaka Nurja.

Broto, Sumardi Surya. (2010). Psikologi Kepribadian, Cetakan VI. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Elizabeth, B. Hurlock. (1988). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Has Aisyah Siti,dkk, 2021. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

Iru, La & La Ode Safiun Arihi. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Karwati, Euis & Donni Juni Priansa. (2013).Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. (2009). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Madjid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik-Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya

Oemar, Hamalik (2007). Proses Belajar. Jakarta: Buki Aksara.

Sardiman, AM.1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Sardirman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Winkel, W.S, 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. PT. Grasindo. Jakarta.

Wuitt,W.(2001). Motivation To Learn. An Overview. Educational Psychology Interactive. Valdosta: Saldosta State University.
Diterbitkan
2023-09-20
Bagian
Articles