Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren di Indonesia

  • Firad Wijaya Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Ahmad Sakrani Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Lombok Timur

Abstrak

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan dan penyiaran Islam yang bercirikan kiyai atau yang sering kita dengan dengan sebutan “Ustadz†yang sebagai sentral figurnya, bersistem asrama modern yang ditempati oleh para santrinya, aula, ruangan khusus dan masjid sebagai titik pusat kegaiatannya seperti mengaji kitab yang tidak mempunyai baris (kitab kuning) dan lain-lain. Pondok pesantren secara umum di indonesia dalam berkembangannya memiliki berbagai macam tipologi, yaitu pondok pesantren salafiyah, khalafiyah, dan pondok pesantren yang mengombinasikan antara kedua model dan sistem pondok pesantren yang sesuai dengan kurikulum di pondok pesantren. Kurikulum pada pesantren khalfiyah atau modern yang pada umumnya telah beralih pada sistem madrasah menggunakan kurikulum yang digunakan oleh pemerintah, dalam hal ini kemenag dan kemendikbud. Sementara kurikulum pada pesantren salafiyah atau tradisional mengacu pada funun kitab-kitab kuning dan ketuntasan kitab yang dipelajarinya setiap hari. Pada dasarnya Pesantren memiliki peranan yang sangat penting dalam memperjuangkan dan mengsisi  era kemerdekaan terkhusus pada lini-lini kependidikan Islam dimassa modern saat ini.

Referensi

Ali, Mukti. 1987. Beberapa Pertimbangan Pembaruan Sistem Pendidikan Dan Pengajaran Di Pondok Pesantren: Gontor.
Arifin, M. 1991. Kapita selekta pendidikan (Islam dan Umum), Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI, 2003. pondok pesantren dan Madrasah Diniyah; pertumbuhan dan perkembangannya, Jakarta: Direktorat Jenderal Keagamaan Islam.
Haedari, HM.Amin, dkk, 2004. Masa Depan Pesantren, Jakarta: IRD Press.
Jalaluddin. 1990. Kapita Selekta Pendidikan , Jakarta: Kalam Mulia.
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren; Suatu Kajian Tentang Undur dan Nilai Sistem pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS.
Maunah, Binti. 2009. Tradisi Intelektual Santri, Yogyakarta: Teras.
Nasir, Ridlwan. 2005. Mencari tipologi format pendidikan ideal pondok pesantren di tengah arus perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Qomar, Mujamil. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga.
Sukardi, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya (Jakarata : PT Bumi Aksara.
Sumardi, Mulyanto. 1997. Sejarah Singkat Pendidikan Islam di Indonesia 1945-1975, Jakarta: Dharma Bhakti.
Yasmadi. 2002. Modernisasi Pesantren Kritikan Nurcholish Majid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat
Diterbitkan
2023-09-27
Bagian
Articles