Peranan Home Visit terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas SDIT Insan Qurani Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

  • Ida Aulia Mawaddah STAI NW Samawa
  • Abdul Haris Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Wathan Samawa Sumbawa Besar, NTB
Kata Kunci: home visit, student learning motivation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan home visit terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV Al-Asr di SDIT Insan Qurani Sumbawa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Al-Asr SDIT Insan Qurani Sumbawa yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan instrumen angket home visit. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa home visit  cukup berperan bagi siswa kelas IV Al-Asr untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil tersebut menunjukan bahwa home visit sangat berpengaruh. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil wawancara yang menyatakan bahwa siswa merasa lebih termotivasi belajarnya setelah guru melakukan home visit. Selain itu dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukan bahwa orang tua siswa sangat menerima dan setuju atas adanya kegiatan home visit.

Referensi

Abdul Muhid, Kualitas Hasil Belajar Melalui Pelaksanaan Program Home Visit Siswa Kelas IV di Desa Boro Kecamatan Sanggar, 2021
Aditya Nugroho, “Pengaruh Motivasi dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Keselamatan dan Kesehatan Kerja di SMK Negeri 1 Sedayu”, Universitas Negeri Yogyakarta, 2013
Asep Kurniawan, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Permainan See Our Pada Siswa Kelas Vb SD Deresan Yogyakarta”, Universitas Negeri Yogyakarta,2015
Ayu Kusumaningrum,” Implementasi From Home Metode Home Visit Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa” (Studi Kasus di MI MA Arif Setono Jenaga Ponogoro), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponogoro, 2021
Konita Dian Dwita,dkk,“Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda” Purwokerto, Jurnal Ekonomi, dan Akuntasi Volume 20. No.1. Tahun 2018
Laeliya Hasanah Mustofa, “Implementasi Layanan Home Visit Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring di Kelas XII IPS SMA 3 Purwokerto”,Fakultas Dakwah Purwokerto, 2021
Nurdin Cahyadi, “ Home Visit Solusi Belajar Daring dan Luring, SMPN 2 Plered Kab. Purwakarta. 2020
Siti Suprihatin, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Volume 3, No. 1. Tahun 2015
Suci Syahfitri Dani, Implementasi Home Visit Siswa Kelas lll SDN 058111 Kampung Satu di Masa Pandemi Covid-19, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Medan. 2021
Sugiono, metode penelitian kuantitatif, kulitatif, dan r&d ( Bandung :Afabeta, 2017)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian , (Jakarta: Rineka Cipta 2013)
Teguh Prasetyo, Dkk, “Implementasi Metode Home Visit Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdidas, Volume 2. No 4 Tahun 2021.
Undang-Undang, No.20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendikan Nasional
Wawancara Dengan Febitio Ramadhani Wali Kelas IV Al Asr di SDIT Insan Qurani, 12-10-2022
Wawancara Dengan Ustadz Muhammad Lasap S.Pt di SDIT Insan Qurani Sumbawa, 12-10-2022
Wawancara Dengan Ustazah Sulhaini Guru Kelas IV Al-Asr di SDIT Insan Qurani Sumbawa, 12-10-2022
Wawancara,Dengan Kepala Sekolah SDIT Insan Qurani Sumbawa, 06-10-2022
Wees Sambayon, “Pelaksanaan Home Visit Dalam Menyelesaikan Masalah Siswa di SMP Al- Furqon”Universitas yogyakarta.2020
Diterbitkan
2023-09-20
Bagian
Articles