Peran Serta Orang Tua dan Masyarakat Dalam Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas
Abstract
Tujuan peneilitian ini adalah untuk mengetahuai sejauh mana peran atau kontribusi orang tua peserta didik dan masyarakat terhadap pengembangan serta pelaksaan kurikulum untuk mewujudkan kurikulum yang berkualitas sehingga terwujud pula pendidikan yang berkualiatas. Kurikulum yang berkualitas tidak akan mungkin tercapai tanpa adanya pengembangan kurikulum.Kurikulum harus selalu dikembangkan mengikuti perkembangan zaman. Dalam mengembangkan dan melaksanakan kurikulum dibutuhkan peran dan kerjasama semua pihak termasuk dengan orang tua dari peserta didik dan masyarakat. Peran serta orang tua dari peserta didik dan masyarakat dalam pengembangan dan pelaksanaan kurikulum selain dapat dilakukan secara perseorangan (individu), dapat juga dilakukan melalui sebuah konsensus yang salah satunya melalui sebuah lembaga mandiri yang disebut komite sekolah. Hasil akhir dari penelitian ini adalah orang tua dan masyarakat sangat berpengaruh dalam pengembangan kurikulum terutama dalam pelaksanaan kurikulumReferences
Hasan Basri, Beni Ahmad Saebani, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, CV Pustaka Setia, 2010
Jito Subianto,â€Peran Keluarga,Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitasâ€, Edukasia: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Islam,Vol. 8,No 2,Agustus 2013
Musfiqon, Nurdiyansah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik,(Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015)
Ramadhan,Pelaksanaan Fungsi Komite Sekolah pada SMP Negeri Se- Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, Jurnal Administrasi Pendidikan,Vol 2, No 1, Juni 2014.
Syaifuddin Sabda, Pengembangan Kurikulum,(Yogyakarta:Aswaja Pressindo, 2016)
Syamsul Bahri,Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya,Jurnal Islam Futura, Volume XI, No. 1, Agustus 2011
Undang–Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zulkifli, Komite Sekolah Antara Cita dan Realita, Jurnal Potensial, Vol.14, Edisi 1 Januari – Juni (Riau, 2015)
Kaimuddin, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013, Dinamika Ilmu Vol. 14. No 1, Juni 2014
Syamsuddin, Peran Komite Sekolah Terhadap Penerapan Kurikulum, Jurnal Idaarah, Vol. 2, No. 1, Juni 2018
Jito Subianto,â€Peran Keluarga,Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitasâ€, Edukasia: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Islam,Vol. 8,No 2,Agustus 2013
Musfiqon, Nurdiyansah, Pendekatan Pembelajaran Saintifik,(Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015)
Ramadhan,Pelaksanaan Fungsi Komite Sekolah pada SMP Negeri Se- Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, Jurnal Administrasi Pendidikan,Vol 2, No 1, Juni 2014.
Syaifuddin Sabda, Pengembangan Kurikulum,(Yogyakarta:Aswaja Pressindo, 2016)
Syamsul Bahri,Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya,Jurnal Islam Futura, Volume XI, No. 1, Agustus 2011
Undang–Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zulkifli, Komite Sekolah Antara Cita dan Realita, Jurnal Potensial, Vol.14, Edisi 1 Januari – Juni (Riau, 2015)
Kaimuddin, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013, Dinamika Ilmu Vol. 14. No 1, Juni 2014
Syamsuddin, Peran Komite Sekolah Terhadap Penerapan Kurikulum, Jurnal Idaarah, Vol. 2, No. 1, Juni 2018
Published
2019-01-15
How to Cite
amin, hafidlin. (2019). Peran Serta Orang Tua dan Masyarakat Dalam Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35 - 50. Retrieved from https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3361
Section
Articles
Copyright (c) 2019 Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative commons attribution lisense (CC-BY)