Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere

  • Mansur S Uniersitas Nusa Nipa NTT
Kata Kunci: Belajar, Kooperatif, STAD, Motivasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Maumere melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Maumere dengan jumlah siswa 36 orang. Metode pengumpulan data meliputi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dan data hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan pemberian kusioner pada siklus I dengan jumlah 36 orang siswa yang mempunyai sikap atau minat dengan kategori cukup 10 orang, baik 8 orang,  sangat baik 2 orang dan kurang 16 orang, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan jumlah siswa yang mempunyai sikap atau minat dengan kategori, cukup 5 orang, kurang 2 orang, baik 25 orang, sangat baik 4 orang. Hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan presentase siswa yang tuntas belajar secara klasikal meningkat dari siklus I 69,44% meningkat sebesar 100% pada siklus II. Peningkatan nilai motivasi belajar siswa pada setiap siklus menunjukan bahwa pembelajaran model kooperati tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Maumere.

Referensi

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, S. Suhardjono. Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arifin, Z. 2009. Metodologi Pendidikan Filosofi, Teori, dan Aplikasinya. Surabaya : Lentera Cendikia
Campbell. Jane B. Reece. Lawrence G. Mitchell. 2003. Biologi. Jakarta : Erlangga
Depdiknas (2002). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 31 Tahun
2002. Jakarta.
Dirmin dan Juarsih, C. 2014. Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Hakim, A. 2001. Statistika Deskriptif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta :Ekonisa
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Herhyanto N. 2012. Statistika Pendidikan. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka
Hasan, I. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : PT Bumi Aksara
Kusmawati, R. Omegawati, W, H. 2010. PR Biologi Untuk SMA/MA Kelas X/2Kalten : Intan Pariwara.
Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.
Pitoyo, A. Nurdina, R, A. 2013. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Sidoarjo : Mas media Buana Pustaka

Riduwan. Akdon. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : Alfabeta
Suyanto. Djihad, A. 2013. Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatitif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistyowati, E. Omegawati, W, H. Hidayat, M, L. Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
Silalahi, U. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Refika Aditama
Diterbitkan
2018-02-22
##submission.howToCite##
S, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere. AL-Muta’aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 117 - 127. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3069
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##