Strategi Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah

  • Erwin Indrioko IAIN KEDIRI
Kata Kunci: Technology, communication, information, education

Abstrak

Teknologi telah membawa perubahan disemua aspek pendidikan dimana hampir berbagai persoalan pendidikan tidak bisa lepas dengan keberadaan teknologi. Penggunaan teknologi di madrasah sudah bukan hal yang asing lagi dalam era globalisasi seperti sekarang ini. Arus perkembangan teknologi akan bergerak semakin cepat, hal ini mengharuskan madrasah untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi tersebut jika tidak mau ditinggalkan para pelanggannya. Beberapa pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pendidikan yang dapat diterapkan di madrasah diantaranya; sistem Informasi manajemen, e- learning dalam pembelajaran, pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran, untuk pendidikan life skill peserta didik. Beberapa komponen utama madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi setidaknya terdiri dari: konten dan kurikulum, proses pembelajaran, sarana dan prasarana di madrasah, kompetensi sumber daya manusia di madrasah, sistem administrasi madrasah. Ada beberapa langkah dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi diantaranya; mendirikan laboratorium computer, penyediaan layanan Free Wifi, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti perguruan tinggi berbasis teknologi dan kementerian komunikasi dan informasi, mendirikan bengkel teknologi madrasah

Referensi

Arifin,Zainal. Pengembangan manajemen mutu Kurikulum Pendidikan Islam. Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press, 2011.
__ __ __ __. Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan: Merintis dan Mengelola Madrasah yang Kompetitif. Yogyakarta: Diva Press, 2013.
Atmodiwirio, Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya, 2010.
B. Uno, Hamzah.H, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi aksara, 2010.
Barnawi dan M. Arifin, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012.
Brian K. Williams & Stacey C. Sawyer. Using Technology: a practical introduction to computer & communication. Terjemahan Nur Wijayaning Rahayu dan Arie Prabawati. Jakarta; ANDI Press, 2007.
Darmawan, Deni. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Diat, Prasojo, Lantif. Teknologi informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2011.
Elston, Carol. Using ICT in the Primary School. London: Sage Publications, 2007
Istiana, Maryono Patmi. Teknologi Informasi dan Komunikasi 1. Jakarta: Yudhistira. 2007.
Mulyanto, Agus. Sistem Informasi: Konsep&Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya, 2014. Cet 22. Hal 9.
Rembangy, Musthofa. Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras, 2010.
Usman, Basyirudin & Asnawir. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Diterbitkan
2019-01-15
##submission.howToCite##
Indrioko, E. (2019). Strategi Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah. AL-Muta’aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1 - 13. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3333

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##