Penerapan Model Pembelajaran Kooperatip Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kata Kunci:
Kooperatif, Word Square, Hasil Belajar
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif word square (kata persegi) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia pokok pembahasan Menentukan Unsur Cerita Pendek. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Wahid Hasyim tahun pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus diadakan refleksi terhadap proses pembelajaran dengan meperhatikan kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I, maka perlu diadakan beberapa perbaikan pada siklus ke II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun isntrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda (Multiple Choice). Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berdasarkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil penghitungan untuk nilai rata-rata (mean) sebesar 77,62 dari 21 jumlah peserta didik. Sedangkan pada siklus II dari 21 jumlah peserta didik yang mengikuti tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,05. Setelah penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini selesai dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia pokok pembahasan Menentukan Unsur Cerita Pendek peserta didik kelas V MI Wahid Hasyim tahun pelajaran 2016/2017. dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif word square.Referensi
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafondo Persada, 2005).
Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Teras, 2011).
Burhan Bungin, Metodologi Penelitiann Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Kencana,2008).
Bundu Patta, Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah, (Jakarta: DEPDIKNAS, 2006).
Damianti Vismaia S, Metodologi Penulisan Pendidikan Bahasa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007).
Etin Sholihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Fauzan Almashur, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).
Eko Putro Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrument Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2102).
Mujiman, Model Pembelajaran Word Square, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isi-Isu Metodis Dan Paradigmatis (Yogyakarat: Pustaka Pelajar, 2013).
Hamdani, Startegi Belajar Mengajar, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2011).
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Fakem, (Semarang: Rasail Media Group, 2008).
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,. 2011).
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2001).
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009).
Sofyan Triatmojo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Populer, (Surakarta: Nusantara,2005).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prnada Media Group, Cetakan Kelima, 2008).
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).
Burhan Bungin, Metodologi Penelitiann Kuantitatif, (Jakarta: Kencana,2006).
Hadi Amirul, Metodologi Penlitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia,2005).
Subana, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah (Bandung: Pustaka Setia,2005).
Restu Kartiko Widi, Asas Metodologi Penelitian, Sebuah Pengenalan Dan Penuntun Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian, (Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2010).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta. Refisi 2010).
Sa’dun Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2013).
Nana Syaoudih Sukmadinata,Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Tim Pengembang MKDP Kurikulum Dan Pembelajaran, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011).
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007).
Trianto, Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012).
Wina Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajran Berorientasi Standart Proses, (Jakarta: Kencana, 2011).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana Frenada Media, 2006).
Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Teras, 2011).
Burhan Bungin, Metodologi Penelitiann Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Kencana,2008).
Bundu Patta, Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah, (Jakarta: DEPDIKNAS, 2006).
Damianti Vismaia S, Metodologi Penulisan Pendidikan Bahasa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007).
Etin Sholihatin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Fauzan Almashur, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).
Eko Putro Widoyoko, Teknik Penyusunan Instrument Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2102).
Mujiman, Model Pembelajaran Word Square, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007).
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isi-Isu Metodis Dan Paradigmatis (Yogyakarat: Pustaka Pelajar, 2013).
Hamdani, Startegi Belajar Mengajar, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2011).
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Fakem, (Semarang: Rasail Media Group, 2008).
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,. 2011).
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 2001).
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009).
Sofyan Triatmojo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Populer, (Surakarta: Nusantara,2005).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prnada Media Group, Cetakan Kelima, 2008).
Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006).
Burhan Bungin, Metodologi Penelitiann Kuantitatif, (Jakarta: Kencana,2006).
Hadi Amirul, Metodologi Penlitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia,2005).
Subana, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah (Bandung: Pustaka Setia,2005).
Restu Kartiko Widi, Asas Metodologi Penelitian, Sebuah Pengenalan Dan Penuntun Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian, (Yogyakarta: Garaha Ilmu, 2010).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta. Refisi 2010).
Sa’dun Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2013).
Nana Syaoudih Sukmadinata,Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Tim Pengembang MKDP Kurikulum Dan Pembelajaran, Kurikulum Dan Pembelajaran, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011).
Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007).
Trianto, Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012).
Wina Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajran Berorientasi Standart Proses, (Jakarta: Kencana, 2011).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana Frenada Media, 2006).
Diterbitkan
2019-01-15
##submission.howToCite##
husairi, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatip Word Square dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. AL-Muta’aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 90 - 111. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3390
Bagian
Articles
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##