Konsep Pendidikan Karakter Muhammad Iqbal dan Relevansinya Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Era Globalisasi

  • Lisnawati Lisnawati STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
Kata Kunci: Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembentukan Karakter, Era Globalisasi

Abstrak

Abstrak : Situasi  sosial-kultural masyarakat di era globalisasi akhir-akhir ini semakin menghawatirkan. Berbagai macam peristiwa yang merendahkan harkat dan martabat manusia berkembang di masyarakat bahkan dalam dunia pendidikan, semisal hancurnya nilai-nilai moral, merebaknya ketidakadilan, tipisnya solidaritas, meningkatnya kenakalan remaja, praktek korupsi yang semakin canggih dan massif, tindak pidana, sikap tidak etis terhadap guru, dan berbagai kasus dekadensi moral lainnya. Fenomena ini seolah mempertanyakan kembali peranan pendidikan dalam membangun etika dan moral masyarakat. Untuk  menghadapi  era globalisasi dibutuhkan pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab, dan motivasi tinggi untuk meraih cita-cita. Seorang peserta didik yang masih berada pada masa perkembangan pesat secara fisik dan pikiran mudah terpengaruh dari berbagai hal, baik hal positif maupun negatif. Oleh karena itu, seorang pendidik wajib membekali pada peserta didik sebuah pendidikan karakter dengan contoh nyata dan pembiasaan. Hasil dari pembiasaan pendidikan karakter menjadi pegangan peserta didik dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan banyak perubahan. Melihat kondisi peserta didik yang ada di Indonesia banyak yang terkena imbas teknologi dan mengalami krisis moral menjadikan berbagai kalangan untuk memberi perhatian dan penyelamatan dengan berbagai cara dan metode. Muhammad Iqbal menawarkan pendidikan karakter untuk menyelamatkan dan mencegah pesrta didik dari krisis moral adalah melalui pembentukan karakter berupa peneladanan, pengembangan potensi diri peserta didik dan menumbuhkan sikap toleransi.   Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembentukan Karakter, Era Globalisasi  

Referensi

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya,
1991.
Harun Nasution, Pembaharuan Dalam Islam; Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang, 2003.
Ikhwan Fauzi, Menggapai Nilai Ruhiyah, Jakarta: Bina Mitra Press, 2004.
Iqbal, Pembangunan Kembali Alam Pikiran Islam, Terj. Osman Raliby, Jakarta: Bulan Bintang, 1978, hlm XIV. Judul Asli, The Reconstruction Of Religions Thought In Islam.
John L. Esposito, Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern, Terj. Eva Y.N dkk, Bandung: Mizan, 2001.
M. Quraish Shihab, Dia Dimana-Mana; “Tangan” Tuhan Di Balik Setiap Fenomena, Jakarta: Lentera Hati, 2010.
Mastuhu, Menata Ulang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Abad 21, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2003.
S. Nasution, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Zubaedi, Pendidikan Berbasis Masyarakat; Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006
Diterbitkan
2019-01-15
##submission.howToCite##
Lisnawati, L. (2019). Konsep Pendidikan Karakter Muhammad Iqbal dan Relevansinya Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Era Globalisasi. AL-Muta’aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 123 - 140. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3393

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##