Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTS

  • Muhammad Alwan STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
Kata Kunci: Strategi Cooperative Learning, rotating trio exchange, Prestasi Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran cooperative learning tipe rotating trio exchange terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, teknik pengambilan sampel  yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas VIIIb 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIc 27 siswa sebagai kelas kontrol. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes. Analisis yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai  = 5,069 pada taraf  signifikan 5% diperoleh dengan derajat kebebasan (dk) 27 - 2 =25 adalah 2,052, karena nilai  >  (5,069 > 2,052) maka hipotesis nihil  ditolak dan hipotesis alternatif  diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran cooperative learning tipe rotating trio exchange terhadap prestasi belajar matematika siswa MTs. Dan adapun persamaan regresinya adalah Ŷ = 8,621 + 0,744x dan yang bisa diterangkan oleh model sebesar 50,7%.

Referensi

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Bahri.S.2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rina Cipta
_____________. 2012. Prestasi Belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2013.Cooperative Learning Teori Dan Operasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tirtonegoro, Suratinah. 2001. Anak Supernormal Dan Program Pendidikannya, Yogyakarta: PT.Bumi Aksara.
Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/04/2018-kemampuan-membaca-matematika-dan-sains-indonesia-rendah. Diakses 10 Desember 2019. Dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/12/04/2018-kemampuan-membaca-matematika-dan-sains-indonesia-rendah
Diterbitkan
2020-01-26
##submission.howToCite##
Alwan, M. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Rotating Trio Exchange Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTS. AL-Muta’aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1 - 20. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3730
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##