Penggunaan Pendekatan Belajar Advokasi Berpusat pada Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTS. Nurussalam Tetebatu kecamatan Sikur TA. 2019/2020

  • Lisnawati Lisnawati
Kata Kunci: Pendekatan Advokasi, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstrak

Teknik mengajar yang bermakna memiliki peranan penting dalam proses balajar mengajar sehingga dapat memberikan semangat dan motivasi kepada siswa, untuk itu guru dapat memilih dan menentukan pendekatan dan metode yang disesuaikan dengan kemampuan, keadaan siswa serta keadaan sarana dan prasarana  sebagai penunjang  proses belajar mengajar. Salah satu model pendekatan yang dapat ditempuh oleh guru dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran advokasi berpusat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Penggunaan Pendekatan Belajar Advokasi Berpusat pada Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif True Experimental Desaign, dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs. Nurussalam Tetebatu yang berjumlah 66 orang siswa, dan teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung = 2,71, sedangkan harga t tabel untuk taraf kesalahan 5% dengan df = 64 yang diperoleh dari penjumlahan sampel kelas kontrol 33 orang siswa dan kelas eksperimen 33 orang siswa dikurangi dengan 2 (n-2), sehingga diperoleh F tabel = 1,67. Karena harga t hitung lebih besar dari pada t tabel untuk taraf kesalahan 5%, maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan pendekatan advokasi berpusat pada siswa.

Referensi

Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya. Usaha Nasional
Hamza B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Lukman Hakim, Manajemen Pendidikan, (Yokyakarta: GENTA PRESS, 2008)
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: PPT Remaja Rosdakarya, 2004)
Oemar Hamalik, Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan CBSA, (Bandung: Sinar Baru Argesindo, 2009)
Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009)
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009).
Pupuh Fathorrahman, M sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2007).
S. Nasution, Metode Research (Penelitian Ilmiah), (Jakarta: Bumi Aksara, 2007).
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta, Rineka Cipta
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)
Mukminan dkk, Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakieknya, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009),
Supardi, Bacaan Cerdas Menyusun Skripsi, (Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2011).
Syaiful Rahman, Model Pembelajaran Advokasi, dalam http://kanjengsyaifulrahman.blogspot.com./model/pembelajaran/advokasi.html. Diambil Tanggal 15 Agustus 2019, pukul 05. 49 AM.
Diterbitkan
2020-01-26
##submission.howToCite##
Lisnawati, L. (2020). Penggunaan Pendekatan Belajar Advokasi Berpusat pada Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTS. Nurussalam Tetebatu kecamatan Sikur TA. 2019/2020. AL-Muta’aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 91 - 104. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3763
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##