Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah

  • Taqiudin zarkasi Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Kamal NW Kembang Kerang Lombok Timur NTB
Kata Kunci: penguatan Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, perpres no, perpres 87 tahun 2017

Abstrak

Seiring dengan perkembagan zaman dan kemauan teknologi bangsa indonesia sudah mampu mengukir prestasi di kancah internasioanl, tidak ketinggalan bidang pendidikan, banyak pelajara Indonesia berhasil menjuari olimpiade sains, Komputer di tingkat dunia. Namun, tidak sedikit pula pelajar yang tidak punya tata krama, suka tawuran, minum minuman keras, senang narkotika, dan hobi kebut-kebutan mengendarai  sepeda motor di jalan raya.  kenyataan ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasioanal dimana pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, melalui pertauran presiden tahun 2017 no 87 tentang penguatan pendidikan karakter pemerintah lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan, telah teridentifikasi 18 nilai pembentuk karakter bangsa Indonesia yang bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional. Sejalan dengan hal tersebut Pondok pesanantren yag mengelola lembaga pendidikan jauh sebelumnya sudah terlebih dahulu menggalakan penguatan pendidikan karakter melalui Tata karma dan akhlak serta peraturan untuk santri.

Referensi

Perpres No 87 Tahun 2017 hal 14
Judiani, Sri. "Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16.9 (2010): 280-289.
Zuchdi, Darmiyati. 2009. Pendidikan Karakter, Grand Design dan Nilai-nilai Target. Yogyakarta: UNY Press.
Ahmad, Tsabit Azinar. "Kendala Guru Dalam Internalisasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Sejarah." Khazanah Pendidikan 7.1 (2014).
Lie, Anita. 2010b. Guru Belum Terapkan Pendidikan Karakter. http: //buntetpesantren.org/index, 16 Januari 2010. Diunduh 31 Desember2017
Lie, Anita. 2010. Pendidikan Karakter Sulit Diterapkan. KOMPAS.com, 15 Januari 2010. Diunduh 8 Januari 2018
Zuhriy, M. Syaifuddien. "Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf." Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19.2 (2011): 287-310.
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Bumi Aksara
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Bumi Aksara
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan
http://www.wikipendidikan.com/2016/02/nilai-nilai-dalam-pendidikan-karakter.html
https://kominfo.go.id/content/detail/10111/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional/0/artikel_gpr
Widyastono, Herry. 2010. Bahan Pelatihan Penyelenggaraan Pendidikan Karakter di Sekolah.
Jakarta: Yayasan Pendidikan Masjid Panglima Besar Jenderal Sudirman
Hamid Abduloh. 2017. Pendidikan karakter berbasis pesantren.Surabaya. IMTIYAZ
http://nasional.kompas.com/read/2017/06/13/11295051/ini.plus.minus.sekolah.8.jam.sehari
Diterbitkan
2018-01-21
##submission.howToCite##
zarkasi, T. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah. AL-Muta’aliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1 - 18. Diambil dari https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/penguatan%20pendidikan%20karakter
Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

##plugins.generic.recommendByAuthor.noMetric##