KEJAYAAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KHALIFAH HARUN AR-RASYID
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu dasar kejayaan sebuah bangsa. Islam pernah mengalami kejayaannya pada masa dinasti Abbasiyah di mana saat itu lembaga pendidikan berkembang sangat pesat. Untuk mendukung kemajuan pendidikan dibutuhkan kebijakan pemerintah yang berkuasa saat itu. Salah satu khalifah yang sangat berperan penting dalam kejayaan pendidikan Islam saat itu adalah Harun Ar-Rasyid, dengan konsep pemikiran dan kebijakannya membangun lembaga-lembaga pendidikan yang menjadi dasar kemajuan pendidikan yang manfaatnya ada hingga saat ini. Dengan penelitian studi pustaka, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengkaji sumber literatur yang sesuai. Hasil penelitian dalam artikel ini memuat terkait tokoh khalifah Harun Ar-Rasyid yang memiliki kecintaan pada ilmu agama dan ilmu pengetahuan memberikan kesempatan baginya untuk mendukung kemajuan peradaban dengan kebijakannya yang memberikan dorongan besar terutama pada pengembangan ilmu dan pengetahuan.References
Akbar, Muhammad Ilham. 2019. “Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam Volume 1 Nomor 1 Tahun 2019 e-ISSN: 2655-948X.†Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Ilslam 1 (1): 1–14.
Ali Mustofa. 2019. “Masa Keemasan Pendidikan Islam (Studi Tentang Peran Khalifah Harun Al - Rasyid Dalam Pendidikan Islam).†Jurnal Pendidikan Islam 4 (2): 2–26. https://doi.org/10.37286/ojs.v4i2.23.
Alimuddin, Agus, and Alvia Risa. 2022. “PENGELOLAAN KEUANGAN PUBLIK DALAM PANDANG MAQASID SYARIAH ISLAM PADA MASA HARUN AR-RASYID Agus Alimuddin.†AMAL: Journal of Islamic Economic and Business (JIEB) 03 (01): 1–18.
Anshori, Ahmad Afnan. 2015. “Konsep Pemikiran Harun Ar-Rasyid Dalam Pendidikan Karakter A . Pendahuluan Pendidikan Merupakan Pintu Menuju Kemajuan Dan Peningkatan Kualitas Kehidupan Manusia . Pendidikan Ideal Yang Merupakan Proses Pembentukan Kepribadian Telah Dicontohkan Oleh Rasulu.†Jurnal Penelitian 9 (2): 205–32.
Assegaf, Abd Rachman. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.†Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf.
Daulay, Haidar Putra. 2007. Sejarah Pertumbuhan Dan Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Ed. 1., Ce. Rawamangun, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Haris, Munawir. 2018. “Situasi Politik Pemerintahan Dinasti Umayyah Dan Abbasiyah.†Tasamuh: Jurnal Studi Islam 10 (2): 391–406. https://doi.org/10.32489/tasamuh.43.
Hidayati, Nuzulul, and Marsudi Marsudi. 2021. “Harun Ar-Rasyid: Perkembangan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Islam Klasik (786–809 M).†Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 1 (4): 504–9. https://doi.org/10.17977/um063v1i4p504-509.
Ibrahin, Arfah. 2021. “Kota Baghdad Sebagai Central Peradaban Islam.†Lentera 3 (1): 43–54.
Idi, Abdullah, and Toto Suharto. 2006. Revitalisasi Pendidikan Islam. Cet. 1. Sleman, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Ifendi, Mahfud. 2020a. “DINASTI ABBASIYAH: STUDI ANALISIS LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.†Fenomena 12 (2): 139–60.
———. 2020b. “Masa Pembinaan Pendidikan Islam : Telaah Kritis Pendidikan Rasulullah SAW Pada Periode Makkah.†Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan XIV (1): 58–74.
———. 2021a. “Disaster Emergency Response Management to Anticipate the Spread of Covid-19 at the Islamic Boarding School.†Jurnal Pendidikan Agama Islam 18 (2): 389–406. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2021.182-10.
———. 2021b. “Kuttab Dalam Lintasan Sejarah : Dari Masa Pembinaan Hingga Kejayaan Pendidikan Islam (570 M-1258 M).†At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 13 (1): 27. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.511.
———. 2021c. “Madrasah Nizamiyah: Telaah Historis Sebagai Lembaga Pendidikan Dan Perang Politik-Ideologi.†Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8 (2): 139. https://doi.org/10.36667/jppi.v8i2.449.
———. 2021d. “Pendidikan Islam Rasulullah Saw Periode Madinah : Strategi, Materi Dan Lembaga Pendidikan.†Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan 15 (01). http://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/namajurnal.
Kuntowijoyo. 1994. Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia. Diterbitkan atas kerjasama Penerbit Shalahuddin Press dan Pustaka Pelajar. https://books.google.co.id/books?id=F9kxAAAAMAAJ.
Tadjuddin, Nilawati, and Alif Maulana. 2018. “Kebijakan Pendidikan Khalifah Harun Ar-Rasyid.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9 (2): 325. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3633.
Copyright (c) 2022 Risda Sofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).