Strategi Pembelajaran Team Quiz Dalam Membangun Keaktifan Dan Ketuntasan Belajar Siswa Anak Usia Dini

  • Mukhammad Wahyudi STAI YPBWI Surabaya
  • Fitri Aulia Hanum STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Strategi Belajar, Team Quiz, Siswa Belajar Aktif

Abstract

Strategi team quiz merupakan salah satu strategi pembelajaran yang komprehensif dianggap mampu mengatasi pembelajaran pada anak usiadini secara tuntas karena bertujuan untuk melatih kemampuan kognitif sekaligus sikap bertanggung jawab terhadap apa yang mereka pelajarimelalui cara yang menyenangkan, aktif dan kolaboratif dalam proses pembelajaran anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuikeaktifan siswa serta prestasi dalam pembelajaran menggunakan pendekatan strategi team quiz. Penelitian ini menggunakan library researchdengan teknik analisa interpretatif analisis. Hasil yang diperoleh ialah bahwa siswa PAUD harus memiliki pembiasaan yang kuat dalam proses pembelajaran dan evaluasi, sehingga bisa mengantarkan peserta didik menjadi generasi yang memiliki kemampuan teoritis dan praktis, daya ingatdan mengerti pentingnya menerapkan ilmu pengetahuan, tentu dengan segala problem yang ada di masing-masing PAUD seperti kurangnya minat dan motivasi. Namun, hal tersebut bisa di atasi dengan memperkenalkan anak didik dengan strategi belajar yang variatif dan menyenangkan yakni Strategi team quiz. Dengan demikian, pembelajaran dengan strategi initidak hanya menekankan pada individual semata, tetapi juga cara mengajar secara klasikal dan kolaboratif, sehingga banyak stimulus yang diperoleh siswa, sehingga respond dan refleksi daya kreatif anak bisa lebih berkembang.
Published
2024-03-05
Section
Articles