Melatih Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Egrang Siswa TK Usia 5-6 Tahun Di Tk BPK Wilmar

  • Hurin Innihayatus Sa'adah Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penyerapan pembelajaran pada interaksi motoric siswa, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan egrang tempurung kelapa dapat mempercepat pertumbuhan kemampuan motorik kasar pada siswa TK usia 5-6 tahun. Kurangnya keterampilan motorik kasar siswa TK ini disebabkan oleh beberapa factor seperti : pemilihan metode kegiatan mengajar yang kurang menarik minat siswa TK dan permasalahan yang dihadapi siswa TK terhadap keterampilan motorik kasar mereka seperti permasalahan kurangnya seimbang(keseimbangan) dalam menggunakan permainan egrang tempurung. Penelitian ini menggunakan desain pengambian tindakan pada aktivitas kelas yang dilakuukan dalam dua tahap. yang terdiri dari empat pertemuan setiap tahapnya,. Obyek penelitian ini adalah siswa TK usia TK 5- 6 tahun di TK BPK WILMAR Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya dengan jumlah siswa TK 30, 18 laki-laki dan 12 perempuan. Peningkatan kemampuan motorik dapat dilihat dari hasil penelitian dari masih asing hingga bisa dengan permainan 1 egrang tempurung kelapa sehingga perlu penyesuaian dan edukasi dan pengarahan terhadap permainan egrang tempurung kelapa, hal ini juga permainan sehingga perkembangannya dapat di lihat dari sebelumnya tidak bias menggunakan hingga terbiasa menggunakan peralatan egrang tempurung kelapasehingga dapat dikatakan pembelajaran yang dilakukan telah berhasil.
Diterbitkan
2024-03-05
Bagian
Articles