Implementasi Nilai Agama dan Budi Pekerti Pada Sentra Imtaq di KB Lukman Al Hakim Lakarsantri Surabaya

  • syawaliyah masithoh kerja sama
  • Naning Yuliani Sekolah Tinggi Agama Islam Al Azhar Menganti Gresik

Abstrak

Perkembangan nilai agama dan budi pekerti anak usia KB meliputi empat aspek indikator yaitu: anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, kebersihan keselamatan diri, menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya, dan menghargai alam dengan cara merawatnya serta menunjukkan rasa sayang terhadap makhluk hidup. Di Lembaga KB Lukman Al Hakim menggunakan pembelajaran dengan medel sentra, dikelas sentra imtaq masih menggunakan metode bercerita, anak lebih suka mainan sendiri, dan media pembelajaran masih sering digunakan. Rumusan masalah yang ingin dicari jawabannya melalui penelitian adalah: a) bagaimana implementasi sentra imtaq dalam penerapan nilai agama dan budi pekerti, b) apa saja hambatan yang terjadi pada sentra imtaq, dengan adanya kegiatan implementasi sentra imtaq ini merupakan salah satu kegiatan bermain dan belajar dengan cara yang tepat untuk menunjang perkembangan nilai agama dan budi pekerti pada anak. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi semipartisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan implementasi nilai agama dan budi pekerti dapat berkembang sesuai harapan, namun ada beberapa hambatan yang terjadi saat sentra imtaq dilakukan. Kata Kunci: nilai agama dan budi pekerti, sentra imtaq, anak usia dini
Diterbitkan
2023-10-15
Bagian
Articles