Internalisasi Nilai Budi Luhur pada Anak Usia Dini Melalui Budaya Sungkem di TK PKK Sadah

  • Moh. Toyyib Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Bangkalan

Abstrak

Artikel ini membuktikan bahwa budaya sungkem mampu menginternalisasi nilai budi luhur pada anak usia dini seperti contoh nilai kesopanan. Penelitian ini diadakan di TK PKK Sadah di Desa Sadah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah sebagai bentuk perhatian guru pada anak didikagar bisa membiasakan kebiasaan yang baik sehingga tertanam nilai-nilai budi luhur sejak dini. Karena perilaku sopan santun siswa pada guru semakin hari semakin mengalami kemerosotan. Hal ini sejalan dengan meningkatnya tindak kekerasan yang dilakukan siswa pada guru dan menurunnya kesadaran orang tua dalam hal mendidik kesopanan anaknya di rumah.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan pendekatan studi lapangan (Field Researh) yangmetode pengambilan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan dalam metode analisis datanya menggunakan metode triangulasi.Hasil dari penelitian ini antara lain: ada 2 kegiatan yang dilaksanakan dalam internalisasi nilai ini yakni model internalisasi nilai sepertimodel difusi (pewarisan) dan model pengembangan nilai sedangkan metodenya ada 4 macam yakni metode Pembiasaan seperti budaya sungkem, keteladanan, nasihatdan hukumanserta kerja sama yang baik antara guru, orang tua dan masyarakat adalah factor utama dalam keberhasilanĀ  internalisasi nilai budi luhur melalui budaya sungkem ini dan juga sebaliknya factor penghambat yang utama adalah dari buruknya kerjasama dari ke tiga komponen tersebut.
Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles