Metode Terapi Wicara dalam Melatih Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Speech Delay di TK Al-Wahyu

  • Azizah STAI YPBWI Surabaya
  • Ida Kusdaryati STAI YPBWI Surabaya

Abstrak

Anak merupakan amanah yang memiliki dasar normatif yang sama sebagai bentuk tanggung jawab dalam berkomunikasi terutama hak mereka dalam memperoleh pendidikan, namun seringkali masih terjadi adanya unsur diskriminasi dan intervensi dalam proses pembelajaran, sehingga perlu konsep komunikasi khusus yang inovatif dalam menjalankan amanat undang-undang pendidikan. Penerapan metode terapi wicara bisa membangun kemampuan komunikasi verbal pada anak speech delay serta memiliki efektifitas yang baik dan efisien. Hal demikian menjadi penting untuk diterapkan sebagai landasan metodologi bagi guru dalam menjalankan dan merespond komunikasi dengan pendekatan khusus.  Terapi wicara dilakukan melalui stimulasi fonetik, pembentukan kosakata, dan teknik penguatan positif dengan melibatkan terapis wicara secara aktif dan stimulatif baik dari orang tua, dan anak. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan secara prosentase pada kemampuan komunkasi verbal anak, seperti pengucapan kata, membangun kalimat sederhana, dan interaksi sosial. Metode ini terbukti efektif dalam membantu anak mengatasi hambatan komunikasi, mendukung perkembangan sosial, emosional, dan kognitif mereka.
Diterbitkan
2024-11-06
Bagian
Articles