Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Melalui Model Role Playing “Market Day” Di Ra Fitri Mulia Gebang – Patrang - Jember

  • Siti Hamidahtur Rofiah IAI Al-Qodiri Jember

Abstract

Pengembangan nilai-nilai dan keterampilan sosial harus menjadi salah satu tujuan pendidikan khususnya di PAUD. Sementara ini para pendidik ada kecenderungan mengabaikan pembinaan nilai-nilai sosial dalam pendidikan khususnya pada muatan pembelajaran, mengakibatkan erosi keterampilan sosial. Salah satu alternatif mengembangkan keterampilan sosial adalah melalui model bermain peran (role playing). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Melalui Model Role Playing “Market Day†Di RA Fitri Mulia Gebang – Patrang – Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data yang dilakukan secara interaktif. Menurut Miles, Huberman, dan Saldana analisa data yang dilakukan secara interaktif harus melalui proses kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan sosial anak dilakukan di RA Fitri Mulia melalui model role playing “market day†pada tema “Diriku†sebagai inovasi guru. Melalui model ini keterampilan sosial anak berkembang mulai dari keterampilan perilaku interpersonal, Peer Acceptance dan keterampilan komunikasi. Dampak pengembangan ini anak mulai bisa menyesuaikan diri dengan aturan, anak lebih bersemangat dalam pembelajaran, guru juga bisa mengasah kemampuan kemandirian emosional anak dengan baik, bisa bekerjasama dengan teman, berinteraksi dan menyelesaikan tugas dengan baik bersama teman. Guru menggunakan APE bahan makanan hasil karya wali murid dengan menggunakan tehnik market day, menggunakan metode Cooperatif Script dalam pengerjaannya dan evaluasi secara langsung. Ada 10 langkah penerapan model role playing “market dayâ€di RA Fitri Mulia yaitu: 1) Guru menyiapkan skenario penjualan yang akan ditampilkan, 2) Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario, 3) Guru membentuk kelompok yang anggotanya 3 orang, 4) Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai, 5) Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil memperagakan skenario yang telah ditetapkan, 6) masing-masing kelompok diberi lembar kerja untuk membahas penampilan yang selesai diperagakan, 7) Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya, 8) Guru memberi kesimpulan secara umum, 9) Evaluasi, 10) Penutup. Keyword: Keterampilan Sosial, Model Role Playing
Published
2022-06-30
How to Cite
Rofiah, S. H. (2022). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Melalui Model Role Playing “Market Day” Di Ra Fitri Mulia Gebang – Patrang - Jember. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 80-93. https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.2.80-93
Section
Articles