Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pada Anak Usia Dini

  • siti hamidahtur rofiah IAI Al-Qodiri Jember

Abstrak

Berkembangnya ilmu pengetahuan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong terjadinya perubahan dalam pembelajaran. Guru harus pandai memainkan perannya dalam proses pembelajaran. Inovasi pembelajaran lebih diartikan sebagai suatu ide baru berupa upaya baru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode, pendekatan, sarana dan suasana yang mendukung. Kehadiran teknologi informasi merupakan salah satu bentuk adanya inovasi pendidikan, dan merupakan faktor utama tersedianya pelayanan yang cepat, akurat, teratur, akutabel, dan terpercaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan desain pembelajaran berbasis digital menggunakan Kvisoft Flipbook Maker pada anak usia dini, mendiskripsikan efektifitas pembelajaran berbasis digital menggunakan Kvisoft Flipbook Maker pada anak usia dini.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis studi kasus, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data yang dilakukan secara interaktif. Menurut Miles, Huberman, dan Saldana analisa data yang dilakukan secara interaktif harus melalui proses kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Inovasi Pembelajaran berbasis digital menggunakan Kvisoft Flipbook Maker pada anak usia dini di TK Al-Qodiri Jember dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Desain pembelajaran berbasis digital menggunakan Kvisoft Flipbook Maker pada anak usia dini mempunyai dampak yang sangat baik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Dalam modul elektronik berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker tersebut disematkan video sebagai penarik minat siswa. Untuk mengintegrasikan penggunaan modul elektronik berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dalam kegiatan pembelajaran, maka disusunlah RPP dengan kegiatan pembelajaran yang menggunakan modul elektronik berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. 2) Efektifitas pembelajaran berbasis digital menggunakan Kvisoft Flipbook Maker lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan media gambar atau yang lainnya yang ditunjukkan dari proses pretest dan posttest tersebut, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yakni sebesar 47,5
Diterbitkan
2024-01-31
Bagian
Articles