PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Elisa Fatma Zuziah Universitas Jambi
  • Indryani
  • Uswatul Hasni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media big book yang layak untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun dan mengetahui respon guru terhadap media big book untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau RnD dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan yang dilakukan yaitu: (1) Tahap Analysis, (2) Tahap Design, (3) Tahap Development, (4) Tahap Implementation dan (5) Tahap Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, validasi ahli media, dan angket respon guru. Subjek penelitian ini terdiri dari 14 guru dari empat sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses akhir validasi ahli materi memperoleh skor persentase yaitu 100% dengan kriteria “sangat baik” dan validasi media memperoleh skor sebesar 100% dengan kriteria “sangat baik”, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap implementasi dan uji coba kelompok besar dan kelompok kecil. Media big book dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kepraktisan melalui angket oleh guru dengan persentase kepraktisan sebesar 88,33% pada uji kelompok besar dan 88,19% pada uji kelompok kecil. Dengan demikian, maka disimpulkan bahwa media big book yang dihasilkan layak dan praktis sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia 4-5 tahun.
Published
2025-06-30
How to Cite
Elisa Fatma Zuziah, Indryani, & Uswatul Hasni. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN . Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 306-315. https://doi.org/10.53515/cej.v6i2.6675
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)