Strategi Pemasaran Produk dalam Mengembangkan Usaha Mikro
Hasyim Asy'ari
Keywords:
Strategi Pemasaran Produk
Abstract
Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui strategi pemasaran produk dalam mengembangkan usaha mikro pada masyarakat. Yang sudah terbukti mendominasi usaha-usaha yang di lakukan oleh masyarakat semakin membaik.
Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana peneliti banyak melakukan wawancara sebagai pengum pulan data. Dan juga menggunakan metode analisis deduktif dan uji triangulasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemasaran yang dilakukan oleh BMT-UGT Sidogiri capem jangkar sangatlah mempengaruhi terhadap kepercayaan masyarakat sehingga banyak masyarakat yang bergantung kepada BMT-UGT Sidogiri dalam mengembangkan usahanya. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT-UGT Sidogiri capem jangkar tidak hanya menggunakan brousur, media sosial dan pamflet-pamflet yang di edarkan, namun BMT-UGT Sidogiri juga menggunakan strategi pendekatan dan keakraban terhadap msyarakat seperti silaturrahmi, ngumpul bareng di pos pos keramayan, dan tempat strategis lainnya, seperti tukang pijet, bengkel dll.
Kendala dan Penyelesaiannya dalam pemasaran ini tentunya BMT-UGT sidogiri menemukan sebuah kendala yaitu mengenai waktu, minimnya karyawan, dan terdapat juga anggota yang kontra terhadap BMT sehingga berdampak terhadap pembiayaan. Namun BMT-UGT Sidogiri dapat mengatasi itu semua dengan memaksimlkan waktu (tidak hanya bekerja di jam kerja), dan kerja sama yang baik dengan para karyawan dengan tidak terpaku terhadap satu job (semua pekerjaan menjadi amanah karyawan), dan selalu bersikap ramah meskipun masyarakat mencibiri, dan selanjutnya BMT-UGT Sidogiri mengadakan survei yang lebih detail terhadapat masyarakat yang mengajukan pembiayaan guna untuk menanggulangi pembiayaan bermasalah