EFEKTIVITAS METODE DRAMA MUSIKAL DALAM BIMBINGAN BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI

(Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri di Daerah Mandiangin Bukittinggi)

  • Fatimah Azzahra Putri Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah agar setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama dalam menguasai Bahasa Arab. Pembahasan ini membahas tentang efektivitas metode drama musikal dalam bimbingan belajar bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak sekolah dasar negeri. Pembelajaran Bahasa Arab pada usia dini sangat penting untuk mempersiapkan anak-anak menghadapi dunia global. Penguasaan kosakata merupakan dasar utama dalam mempelajari bahasa Arab dan berhubungan erat dengan keterampilan berbahasa. Salah satu masalah umum dalam pembelajaran bahasa Arab adalah persepsi bahwa bahasa ini sulit dipelajari, sehingga minat peserta didik rendah. Program bimbingan belajar bahasa Arab di rumah dapat menjadi solusi untuk anak-anak yang tidak mempelajarinya di sekolah. Metode drama musikal merupakan cara yang tepat dan menyenangkan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk anak sekolah dasar. Drama musikal menggabungkan unsur drama dan musik, meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri, dan kerjasama tim. Pengajaran gerak dan lagu juga mengembangkan kecerdasan anak dalam berbagai aspek. Kegiatan bimbingan belajar bahasa Arab dilakukan dengan menggunakan metode drama musikal dan melibatkan anak-anak dari tingkat 1-6 sekolah dasar. Pembelajaran ini dilaksanakan secara gratis dan berlangsung di sore atau malam hari dengan seizin orang tua. Anak-anak diajarkan kosa kata melalui lagu dan gerakan tubuh. Metode ini dilakukan dalam beberapa pertemuan dengan menonton film kartun Bahasa Arab yang relevan. Setelah beberapa pertemuan, anak-anak mampu menghafal semua kosa kata yang diajarkan.
Published
2023-06-07
How to Cite
Fatimah Azzahra Putri. (2023). EFEKTIVITAS METODE DRAMA MUSIKAL DALAM BIMBINGAN BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI: (Studi Eksperimen Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri di Daerah Mandiangin Bukittinggi). Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 26-31. https://doi.org/10.53515/lan.v4i2.5406
Section
Articles