MENELAAH WAJHU SYIBHI PADA TASYBIH TAMTSILI YANG ADA DI MAHFUDZOT KELAS 2 KMI

  • irmasani daulay

Abstract

Para ahli balaghah sepakat bahwa kajian ilmu bayan mencakup tiga hal, yaitu : Tasybih, Majaz dan Kinayah. Tasybih sebagai salah satu hal yang menarik dari ilmu bayan untuk dikaji lebih mendalam karena memerlukam penelaahan terhadap rukun –rukunnya. Tasybih atau penyerupaan adalah langkah awal untuk memjelaskan sifat, dengan tasybih ini maka kita dapat menambah beberapa gambaran mengenai penyerupaan. Tasybih merupakan penyamaan sesuatu dengan sesuatu yang lain dengan menggunakan perangkat tasybih untuk mengumpulkan keduanya ( Abbas, 1987 :17). Wajh Syibh sebagai salah satu rukun dari tasybih adalah sifat yang sama terdapat pada musyabbah dan musyabbah bih, jadi sifat yang sama yang terdapat diantara keduanya. Dalam hal ini yang dikaji adalah tasybih tamstili yaitu, tasybih yang wajhus syibh berupa gambaran yang diambil dari hal yang berbilang. Tasybih Tamtsili merupakan tasybih yang wajh syibhnya terdiri  banyak hal. Didapati wajh syibh pada tasybih tamtsili pada KMI Mahfuzot kelas 2, merupakan bentuk murokkab, bukan mufrod. Wajh Syibh pada mahfuzot tersebut tidak bisa kita temukan hanya dengan sekali baca, tetapi kita juga harus memahami makna terdalam dari mahfuzot tersebut. Pada mahfuzot kelas 2 KMI, terdapat 5 syair yang berisi tasybih tamtsili yang bisa kita pahami wajh syibhnya. Dengan menelaah arti wajh syibh pada mahfuzot ini, diharapkan siswa tidak hanya memahami dari segi terjemahan saja, tetapi juga memahami makna terdalamnya. 
Published
2023-11-29
How to Cite
irmasani. (2023). MENELAAH WAJHU SYIBHI PADA TASYBIH TAMTSILI YANG ADA DI MAHFUDZOT KELAS 2 KMI. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 171-181. https://doi.org/10.53515/lan.v5i2.5790
Section
Articles