ANALISIS LATIHAN KITAB AL-MUMTAZ TENTANG PERCAKAPAN SEHARI-HARI DENGAN PENUTUR NON ARAB BERDASARKAN KLASIFIKASI ASPEK KOGNITIF BLOOM

  • Ruhul kudus UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis latihan dalam buku Al-Mumtaz fi al-Hiwarat al-Yaumiyyah li Ghairi al-Natiqin bi al-Arabiyyah berdasarkan taksonomi Bloom untuk ranah kognitif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis isi. Sumber data utama adalah buku Al-Mumtaz bagian pertama. Data dikumpulkan dan dianalisis berdasarkan taksonomi Bloom yang direvisi oleh Anderson dan Krathwohl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan dalam buku Al-Mumtaz mencakup ranah kognitif, yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Namun, latihan pada ranah memahami paling banyak (44,59%), diikuti oleh ranah menerapkan (24,32%), ranah mengingat (13,51%), ranah menganalisis (10,81%), ranah mengevaluasi (4,05%), dan ranah mencipta (2,70%). Latihan di tiga tingkat pertama (mengingat, memahami, dan aplikasi) adalah 80,54% lebih umum, sedangkan latihan di tiga tingkat terakhir (analisis, evaluasi, dan kreativitas) sangat sedikit dengan 19,46, setelah membandingkan latihan LOTS, yang meliputi tingkat mengingat dan memahami, MOTS, yang mencakup tingkat aplikasi dan analisis, dan HOTS, yang terdiri dari tingkat evaluasi dan kreativitas dalam buku yang sangat baik dalam dialog sehari-hari penutur non-Arab, adalah 43:  28:3, dengan nilai persentase 58,11% untuk mengingat dan memahami, 37,84% untuk aplikasi dan analisis, dan 8,05% untuk evaluasi dan kreativitas. Buku ini perlu mengembangkan dan mendiversifikasi latihan untuk memasukkan tingkat pengetahuan yang lebih tinggi yang sepadan dengan tujuan pembelajaran dan merangsang keterampilan berpikir siswa yang lebih tinggi.
Published
2024-05-25
How to Cite
Ruhul kudus. (2024). ANALISIS LATIHAN KITAB AL-MUMTAZ TENTANG PERCAKAPAN SEHARI-HARI DENGAN PENUTUR NON ARAB BERDASARKAN KLASIFIKASI ASPEK KOGNITIF BLOOM. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 45-64. https://doi.org/10.53515/lan.v6i1.5891
Section
Articles