EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELARATED INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB (Eksperimen Pada Siswi Kelas VIII Unggulan MTs. Sumber Payung)

  • 17uyunthayyibah17 Institut Agama Islam Negeri Madura

Abstract

Siswa sering kali menjadi kurang antusias terhadap pelajaran bahasa Arab dan merasa pelajaran tersebut membosankan dan tidak menarik. Stigma negatif ini terus berkembang di kalangan siswa, sehingga membuat proses pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih sulit. Peneliti menerapkan TAI, model pembelajaran kooperatif yang mempertimbangkan beragam kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Team Accelerated Instruction (TAI) dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Arab di MTs. Sumber Payung Ganding Sumenep, khususnya untuk siswa kelas delapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan rancangan penelitian menggunakan one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas 8 yang berjumlah 18 orang. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan metode peneliti menggunakan uji paired sample t test dan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode menggunakn uji N-gain. Hasil temuan mengungkapkan peningkatan signifikan dari pemrolehan nilai rata-rata 36,00 (hasil pretest) menjadi 70,07 ( hasil nilai rata-rata postest). Uji T Sampel Berpasangan memvalidasi perbedaan signifikan, dengan Nilai N-Gain mencapai 56,09%, menunjukkan bahwa TAI cukup efektif dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab. Temuan ini menekankan pentingnya adaptasi pendekatan pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam pembelajaran bahasa Arab.
Published
2024-05-25
How to Cite
17uyunthayyibah17. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELARATED INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB (Eksperimen Pada Siswi Kelas VIII Unggulan MTs. Sumber Payung). Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 28-44. https://doi.org/10.53515/lan.v6i1.6016
Section
Articles