PEMANFAATAN APLIKASI "BISA" NAHWU SHARAF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH NAHWU SHARAF BAHASA ARAB

Analisis Tanggapan Responden (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab) dan Analisis Kemudahan Navigasi Aplikasi BISA Nahwu Sharaf

  • Adib Amrullah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Pada era saat ini, teknologi informasi dan komunikasi memainkan peran penting dalam mengubah perspektif umum tentang pembelajaran menjadi sesuatu yang dinamis dan relevan. Pembelajaran melalui ICT dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, baik secara mandiri maupun kolaboratif karena tidak terikat oleh ruang dan waktu. Tujuan peneliti ini untuk meningkatkan maharah Nahwu Sharaf  Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif dan studi literatur yakni dengan menggunakan angket pertanyaan dan karangan opini dari peserta dan pengguna aplikasi BISA Nahwu sharaf.. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi BISA memperoleh persentase nilai 100%  yang diartikan kategori cukup layak. Sedangkan berdasarkan hasil kuisioner (angket) penerapan BISA memperoleh persentase nilai 80% untuk skor kemudahan navigasi, nilai 75% untuk skor seni dan keindahan, nilai 80% untuk kandungan interpretasi. Sebagai pembelajaran multimedia, aplikasi BISA menggabungkan berbagai jenis media seperti audio, video, gambar, dan teks. Para ahli bahasa Arab berpendapat bahwa aplikasi ini cukup layak untuk pembelajaran bahasa Arab karena materinya sudah mencakup pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan perlunya media pembelajaran khusus untuk menunjang proses belajar siswa yaitu simulasi yang interaktif dan fleksibel, video dan aplikasi berbasis online.
Published
2024-05-14
How to Cite
Adib Amrullah. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI "BISA" NAHWU SHARAF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH NAHWU SHARAF BAHASA ARAB: Analisis Tanggapan Responden (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab) dan Analisis Kemudahan Navigasi Aplikasi BISA Nahwu Sharaf. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 1-18. https://doi.org/10.53515/lan.v6i1.6072
Section
Articles