REPRESENTASI VISUAL SEBAGAI ASPEK KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI BAHASA ARAB

  • Azisi STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo
  • Dwi Juli Priyono IAI Al-Qadiri Jember
  • Badri STAI Nurul Huda Kapongan Situbondo
  • Nurfaiza STAI Ahmad Sibawayhie Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran representasi visual dalam pengajaran maharah kalam, khususnya dalam konteks pemahaman konsep bahasa Arab yang kompleks dan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Fokusnya adalah pada evaluasi strategi pengajaran yang efektif yang mengintegrasikan representasi visual dalam proses pembelajaran maharah kalam serta dampaknya terhadap pemahaman dan keterampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi visual seperti diagram dan grafik efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang bahasa Arab serta meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Peran guru dalam memanfaatkan representasi visual sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. Penggunaan media visual dapat membantu memfasilitasi pemahaman yang lebih baik dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, representasi visual menjadi bagian integral dari praktik pengajaran untuk meningkatkan komunikasi bahasa Arab.
Published
2024-05-25
How to Cite
Azisi, Dwi Juli Priyono, Badri, & Nurfaiza. (2024). REPRESENTASI VISUAL SEBAGAI ASPEK KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI BAHASA ARAB. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 113-134. https://doi.org/10.53515/lan.v6i1.6081
Section
Articles