Pemanfaatan Sumber Daya Lokal dalam Pengembangan Pengajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kearifan Lokal

  • Dewi Sri Eva IAIN Palangka Raya
  • Jasiah IAIN Palangka Raya
  • Nurul Wahdah IAIN Palangka Raya
  • Marsiah IAIN Palangka Raya
  • Farid Permana IAIN Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan kearifan lokal dalam pengembangan pengajaran Bahasa Arab di Indonesia, dengan merinci temuan-temuan dari tinjauan literatur. Dalam kerangka kearifan lokal, konsep ini mencakup pengetahuan lokal, keterampilan, nilai-nilai, dan adat istiadat yang melekat dalam masyarakat Indonesia. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan pendekatan literature review. Dengan memadukan temuan-temuan literatur terkini, penelitian ini menyoroti pentingnya integrasi kearifan lokal dalam pendekatan pengajaran Bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan kearifan lokal sebagai sumber daya dalam tata kelola masyarakat dan nilai pedagogis menemukan ekspresinya dalam berbagai aspek, seperti pengetahuan, keterampilan, dan adat istiadat setempat. Kearifan lokal menjadi pondasi pembentuk jati diri bangsa dan membentuk pandangan hidup suatu komunitas. Dalam pengajaran Bahasa Arab di Indonesia, pentingnya kearifan lokal termanifestasi dalam pendekatan pendidikan nilai yang mengintegrasikan budaya lokal, memungkinkan mahasiswa memahami dan mengapresiasi nilai-nilai Indonesia sambil belajar bahasa Arab.
Published
2024-11-07
How to Cite
Dewi Sri Eva, Jasiah, Nurul Wahdah, Marsiah, & Farid Permana. (2024). Pemanfaatan Sumber Daya Lokal dalam Pengembangan Pengajaran Bahasa Arab Berdasarkan Kearifan Lokal. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 19-27. https://doi.org/10.53515/lan.v6i1.6153
Section
Articles