Nilai-Nilai Pendidikan pada Lafadz Istighfar dalam Kitab I'anatul Ikhwan yang Ditulis oleh Kyai Haji Ahmad Muzakki Syah

  • Fathor Rahman Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember

Abstract

Fenomena dalam pendidikan menunjukkan bahwa orientasi pendidikan masih terbatas pada kecerdasan intelektual saja. Padahal pendidikan yang berkaitan dengan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional sangatlah penting. Pemerintah telah merancang kurikulum yang berfungsi untuk meningkatkan kedua kecerdasan tersebut.  Lembaga pendidikan perlu melakukan upaya untuk mengarahkan pendidikannya pada peningkatan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional. Buku I’anatul ikhwan yang ditulis oleh Kyai Ahmad Mazki dapat menjadi panduan dalam aktivitas dzikir dan doa bersama, serta dapat menjadi solusi untuk mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Salah satu amalan dalam kitab tersebut adalah membaca istigfar. Ada enam nash yang mungkin relevan dengan perkembangan spiritual dan emosional siswa. Oleh karena itu, melalui penelitian pustaka ini berupaya menganalisis teks-teks istigfar yang terkandung dalam buku tersebut agar relevan dengan pendidikan spiritual dan emosional siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Dalam buku I’anatul Ikhwanul terdapat enam istigfar yang dapat didukung oleh dalil-dalil Al-Qur’an dan Hadits serta mempunyai nilai pendidikan. Kegiatan melafalkan istigfar dalam kitab I’anatul ikhwan mengandung dua nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan ruhani dan nilai pendidikan emosional.
Published
2024-11-12
How to Cite
Rahman, F. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan pada Lafadz Istighfar dalam Kitab I’anatul Ikhwan yang Ditulis oleh Kyai Haji Ahmad Muzakki Syah. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 65-82. https://doi.org/10.53515/lan.v6i1.6160
Section
Articles