Implementasi Metode Imla’ Pada Pembelajaran Kitabah Di TPQ Minhajul Yasir

  • ZAINURI zainuri Institut Agama Islam Al-Falah As-sunniyyah Kencong Jember Jawa Timur Indonesia

Abstract

Keterampilan Kitabah merupakan salah satu keterampilan yang jarang dimiliki oleh pelajar bahasa Arab. Hal ini menjadi salah satu sebab kesulitan siswa dalam mempelajari bahasa arab. Karena empat keterampilan kebahasaan saling berkaitan satu sama lain, sehingga jika terjadi masalah pada salah satu keterampilan akan berdampak pada tiga keterampilan lain. Berangkat dari sebuah fenomena kesulitan siswa pada keterampilan menulis, metode imla’ hadir sebagai bentuk solusi kesulitan siswa. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan penggunaan metode imla’ dan manfaat metode imla’ di TPQ Minhajul Yasir. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metode imla’ terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahapan awal, kedua, dan akhir. Metode imla’ juga menumbuhkan minat siswa untuk belajar menulis. Dalam hal ini peneliti memberikan beberapa materi serta membimbing siswa siswi untuk merangkai sebuah kata atau kalimat bahasa arab. Dan hasilnya sangat memuaskan, semua siswa siswi dapat memahami materi yang sudah dijelaskan dengan cepat dan mampu mempraktikkan keterampilan menulis dengan baik dan benar.
Published
2024-11-12
How to Cite
zainuri, Z. (2024). Implementasi Metode Imla’ Pada Pembelajaran Kitabah Di TPQ Minhajul Yasir. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 98-112. https://doi.org/10.53515/lan.v6i1.6163
Section
Articles