Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab di Lingkungan Markaz Arab Pesantren

  • Muhammad Fahrur Roji Sekolah Tinggi Agama Islam Raden Abdullah Yaqin Jember
  • sinta bella Sekolah Tinggi Agama Islam Raden Abdullah Yaqin Jember
  • Muhyidin Sekolah Tinggi Agama Islam Raden Abdullah Yaqin Jember
  • Imro’atussholiha Sekolah Tinggi Agama Islam Raden Abdullah Yaqin Jember

Abstract

Lingkungan bahasa disebut-sebut sebagai salah satu faktor terpenting dalam pembelajaran bahasa. Markaz Arab sebagai salah satu lingkungan bahasa tentu memiliki cara tersendiri untuk mengimplementasikan lingkungan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab. Karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi lingkungan Markaz Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di PP. Bustanul Ulum Mlokorejo. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Melalui wawancara mendalam, peneliti menemukan fakta bahwa lingkungan bahasa yang diterapkan oleh Markaz Arab adalah lingkungan formal dan informal, sehingga hal tersebut mempermudah dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa lingkungan formal dan informal dapat memberikan perkembangan yang cukup signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab. Berangkat dari realitas tersebut, peneliti memberikan saran kepada para pembaca untuk berupaya menciptakan lingkungan bahasa secara formal dan informal dalam pembelajaran bahasa Arab.
Published
2025-06-03
How to Cite
Muhammad Fahrur Roji, bella, sinta, Muhyidin, & Imro’atussholiha. (2025). Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab di Lingkungan Markaz Arab Pesantren. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 181-193. https://doi.org/10.53515/lan.v7i1.6584
Section
Articles