Penggunaan Al-Quran dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Saiyid Wittaya Foundation School, Thailand

  • Julita Nabila Universitas Islam KH. Achmad Muzakki Syah Jember
  • Elok Rufaiqoh Universitas Islam KH. Achmad Muzakki Syah Jember
  • Suwit Sohsana Saiyid Wittaya Foundation School, Songkla, Thailand

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai langkah – langkah pengunaan alquran dalam pembelajaran bahasa arab  dan faktor pendukung dan penghambat penggunaan alquran dalam pembelajaran bahasa arab. penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Responden penelitiaan ini pada kelas mattyom 1 yang dimana kelas tersebut melakukan pembelajaran bahasa arab menggunnakan alquran dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah – langkah penggunaan alquran dalam pembelajaran bahasa arab adalah (1) Guru menentukan kompetensi apa yang ingin dicapai terlebih dahulu, (2) Menemukan materi yang akan di pelajari, (3) memberikan contoh ayat alquran yang relevan dengan materi, (4) membaca bersama dam mendiskusikan makna ayat alquran secara umum, (5) guru memberikan latian seputar materi dan contoh ayat, dan (6) evaluasi dengan memberikan soal latihan. Adapun faktor pendukung meliputi  meningkatkan keterampilan dalam kebahasaan, pemahaman budaya, perolehan kosakata, pemahaman makna asli, dan signifikansi historis bahasa Arab. Faktor penghambat meliputi kurangnya konsentrasi, kesulitan membaca huruf Arab, pemahaman bahasa Arab yang terbatas.
Published
2025-06-02
How to Cite
Julita Nabila, Elok Rufaiqoh, & Suwit Sohsana. (2025). Penggunaan Al-Quran dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Saiyid Wittaya Foundation School, Thailand. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 156-164. https://doi.org/10.53515/lan.v7i1.6620
Section
Articles