Analisis Problematika dan Upaya Peningkatan Pemahaman Nahwu dan Shorof: Studi Kuantitatif pada Siswa Madrasah Tsanawiyah

  • Ziddan Arrauf UIN Raden Intan Lampung
  • Muhammad Afif Amrulloh UIN Raden Intan Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh nilai tes terhadap pemahaman Nahwu dan Shorof pada siswa kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Kangkung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif Data diperoleh melalui kuesioner, tes, dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran Nahwu dan Shorof mencakup perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi hasil belajar yang dilakukan oleh pengajar. Metode yang sering digunakan meliputi ceramah, diskusi, dan tanya jawab. (2) Terdapat kesulitan dalam pemahaman materi yang disebabkan oleh latar belakang pendidikan siswa yang beragam, kurangnya motivasi belajar, serta minimnya interaksi dalam praktik. Analisis statistik menunjukkan bahwa nilai tes memiliki hubungan positif dengan pemahaman, meskipun tidak signifikan secara simultan. (3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa meliputi motivasi dari pendidik, penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik, serta pembentukan kelompok belajar untuk praktik bersama. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya metode pengajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Nahwu dan Shorof. Penelitian ini berkontribusi dalam pembelajaran bahasa Arab serta pengajarannya terkhusus di Madrasah Tsanawiyah.
Published
2025-06-03
How to Cite
Ziddan Arrauf, & Muhammad Afif Amrulloh. (2025). Analisis Problematika dan Upaya Peningkatan Pemahaman Nahwu dan Shorof: Studi Kuantitatif pada Siswa Madrasah Tsanawiyah . Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 194-211. https://doi.org/10.53515/lan.v7i1.6630
Section
Articles