Tanfidzul Ta'limi Maharotil Istima'il Qoim Alta'limi Roqmi fil Madrosatil Mutawasithoh

  • Almaasyifa Gunawan UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Muhammad Zaenuri UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Anisatul Barokah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Sukirman UIN Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran keterampilan istima’ berbasis digital learning di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital, khususnya YouTube dapat berjalan dengan baik dan berkontribusi dalam memaksimalkan keterampilan menyimak siswa, memperkaya kosakata, dan melatih kemampuan istima’. Media seperti video animasi menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Demikian, pelaksanaan digital learning juga menghadapi kendala seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, kesulitan siswa dalam memahami materi dengan intonasi cepat, serta keterbacaan subtitle pada video pembelajaran. Dalam pembelajaran istima’ berbasis digital learning evaluasi pembelajaran dilakukan melalui tes lisan dan tulis menggunakan platform kahoot dan quizizz, yang menunjukkan adanya  antusiasme  pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini menegaskan bahwa digital learning mampu menambah keberhasilan pembelajaran bahasa Arab. Terlepas yang dihadapi keberhasilan implementasinya memerlukan dukungan infrastruktur yang memadai serta pelatihan guru untuk mengoptimalkan teknologi dalam proses pembelajaran.
Published
2025-06-04
How to Cite
Gunawan, A., Muhammad Zaenuri, Anisatul Barokah, & Sukirman. (2025). Tanfidzul Ta’limi Maharotil Istima’il Qoim Alta’limi Roqmi fil Madrosatil Mutawasithoh. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 212-229. https://doi.org/10.53515/lan.v7i1.6666
Section
Articles