Penerapan Media Audio, Visual, dan Multimedia untuk Peningkatan Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Siswa

  • Khoirul Umam UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Fikri Latifatul Isnaini UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Lailatur Rohmah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Asep Maulana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media audio visual, dan multimedia dalam meningkatkan keterampilan mendengar bahasa Arab siswa di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (LPBA) Al-Qodiri. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi Miles dan Huberman untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio-visual dan multimedia secara signifikan meningkatkan keterampilan mendengar siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata dari 64,05 pada pre-test menjadi 84,10 pada siklus kedua. Media audio memungkinkan siswa mendengar pengucapan yang benar dari penutur asli, sedangkan media visual memberikan konteks budaya yang memperkuat pemahaman. Penerapan media pembelajaran ini juga meningkatkan motivasi dan konsentrasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi media audio, visual, dan multimedia merupakan strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan mendengar dalam pembelajaran bahasa Arab dan sangat direkomendasikan untuk diimplementasikan secara berkelanjutan di lembaga pendidikan bahasa.
Published
2025-06-04
How to Cite
Umam, K., Isnaini, F. L., Rohmah, L., & Maulana, A. (2025). Penerapan Media Audio, Visual, dan Multimedia untuk Peningkatan Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Siswa. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 230-241. https://doi.org/10.53515/lan.v7i1.6691
Section
Articles