Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Implementasi Wordwall sebagai Media Game Edukasi Interaktif

  • Juanisa Prasipi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Erni Zuliana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Asti Fauziah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Muhammad Sufian Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Abstract

Pembelajaran Maharah Qiro'ah merupakan asoek penting dalam penguasaan Bahasa Arab di Pondok Pesantren. Pondok Pesantren Darul Falah Bandar Lampung mengadopsi kurkulum berbasis MMI Daar El-Qolam/KMI Gontor yang terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa santri. Namun, efektifitas penggunaan Kitab Qiroaturrosyidah Jilid I dalam pembelajaran Qiro'ah di kelas X masih perlu dikaji lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan menganalisis metode pengajaran yang diterapkan, kendala yang dihadapi, dan strategi guru dalam mengatasi masalah tersebut. metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian meliputi guru pengampu kita, santri kelas X, dan ketua kurikulum MMI Daar El-Qolam/KMI Gontor. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola pembelajaran dan kendala yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kitab ini melibatkan dua metode utama, yaitu qir'ah zahriyyah (membaca lantang) dan qira'ah nnmudzajiyyah (bacaan contoh oleh guru). Kendala yang dihadapi antara lain rendahnya kefasihan santri dalam membaca teks Arab, perbedaan latar belakang pendidikan, kurangnya motivasi, serta keterbatasan media pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menerapkan strategi seperti bimbingan intensif, pembiasaan membaca, pembentukan kelompok belajar, teknik spaced repetition, dan inovasi metode pengajaran agar lebih efektif dan menarik.

Author Biographies

Juanisa Prasipi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Erni Zuliana, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Asti Fauziah, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Muhammad Sufian, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
Published
2025-10-15
How to Cite
Prasipi, J., Zuliana, E., Fauziah, A., & Sufian, M. (2025). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Implementasi Wordwall sebagai Media Game Edukasi Interaktif. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 337-353. https://doi.org/10.53515/lan.v7i2.6883