Penggunaan Metode Shorogan sebagai Solusi atas Tantangan Pembelajaran Maharah Qiro'ah di Pondok Pesantren

  • Achmad Miqdad Makhlufy Jember
  • Khoiril Akbar Universitas Islam KH. Achmad Muzakki Syah Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan metode sorogan dalam pembelajaran Bahasa Arab guna mengembangkan maharah qira’ah santri kelas 2 Tsanawiyah putri di Pondok Pesantren Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah. Sorogan merupakan metode tradisional pesantren yang menekankan pembelajaran individual melalui penyetoran bacaan santri secara langsung kepada ustadzah untuk mendapatkan koreksi dan bimbingan intensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap santri dan ustadzah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca teks Arab, membangun kemandirian belajar, serta menumbuhkan kepercayaan diri santri. Kendala yang dihadapi mencakup minimnya penguasaan kosakata, rendahnya motivasi belajar, dan keterbatasan waktu. Adapun faktor pendukung keberhasilan metode ini antara lain interaksi langsung dengan guru dan kedisiplinan dalam proses penyetoran bacaan. Kata Kunci: metode sorogan, maharah qira’ah, pembelajaran bahasa Arab, pesantren.
Published
2025-12-22
How to Cite
Achmad Miqdad Makhlufy, & Khoiril Akbar. (2025). Penggunaan Metode Shorogan sebagai Solusi atas Tantangan Pembelajaran Maharah Qiro’ah di Pondok Pesantren. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 502-511. https://doi.org/10.53515/lan.v7i2.6966

DB Error: You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MariaDB server version for the right syntax to use near ') AND metric_type = 'ojs::counter' GROUP BY submission_id ORDER BY metric DESC' at line 1