Penggunaan Metode Imla’ Istima’i dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah

  • Nurul Ma'rifah Universitas Islam Kh. Achmad Muzakki Syah Jember
  • Dwi Juli Priyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Imla’ dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII B MTs Baitul Arqom Balung. Menulis dalam bahasa Arab merupakan keterampilan kompleks yang menuntut penguasaan kaidah bahasa, struktur kalimat, dan ketepatan ejaan. Metode Imla’, yang berfokus pada latihan mendiktekan kata atau kalimat sesuai kaidah bahasa Arab, diharapkan dapat memperbaiki ketepatan penulisan siswa dari segi ejaan maupun struktur tulisan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, memanfaatkan data dari observasi kelas serta wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis siswa setelah penerapan metode Imla’, ditandai dengan naiknya nilai rata-rata kelas dan berkurangnya kesalahan penulisan. Temuan ini menyimpulkan bahwa metode Imla’ istima’i efektif dalam melatih ketepatan menulis, konsentrasi, dan daya dengar siswa sehingga meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab secara keseluruhan.
Published
2025-12-01
How to Cite
Nurul Ma’rifah, & Dwi Juli Priyono. (2025). Penggunaan Metode Imla’ Istima’i dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah . Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 424-438. https://doi.org/10.53515/lan.v7i2.6992