Praktik Sosial Dan Pembentukan Bi’ah Lughawiyyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Analisis Pierre Bourdieu Di Mts Unggulan Al-Qodiri 1 Jember

  • Khoiril Akhbar Universitas Islam KH Achmad Muzakki Syah Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik pembentukan bi’ah lughawiyyah (lingkungan bahasa Arab) di MTs Unggulan Al-Qodiri I Jember melalui perspektif teori praksis Pierre Bourdieu, khususnya konsep habitus, modal simbolik, dan arena pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara tidak langsung, dan dokumentasi. Data diperoleh dari panduan kebijakan bahasa, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), catatan kegiatan kebahasaan, serta buku harian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bi’ah lughawiyyah di madrasah berlangsung secara sistematis melalui sinergi antara kebijakan kelembagaan, strategi pedagogis guru, dan partisipasi aktif siswa. Kepala madrasah memegang peran strategis sebagai pemilik modal simbolik yang menetapkan norma bahasa Arab sebagai identitas kelembagaan, sementara guru memanfaatkan modal kultural untuk menerjemahkan kebijakan ke dalam praktik pembelajaran komunikatif. Siswa, sebagai agen sosial, mereproduksi nilai kebahasaan melalui interaksi sehari-hari di kelas, asrama, dan kegiatan ekstrakurikuler. Temuan lapangan juga memperlihatkan adanya relasi dinamis antara struktur simbolik dan agensi individu. Konsistensi implementasi kebijakan, keteladanan guru, serta pengawasan terhadap praktik bahasa menjadi faktor utama keberhasilan pembentukan habitus linguistik. Di sisi lain, kendala muncul ketika penggunaan bahasa Arab tidak didukung oleh kompetensi dan kesadaran berbahasa yang kuat, sehingga fungsi bi’ah lughawiyyah cenderung bersifat formal dan simbolik. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa bi’ah lughawiyyah di MTs Unggulan Al-Qodiri I Jember merupakan hasil praktik sosial yang mengintegrasikan struktur kelembagaan dan tindakan pedagogis dalam membangun budaya bahasa Arab yang hidup dan berkelanjutan.
Published
2025-05-15
How to Cite
Khoiril Akhbar. (2025). Praktik Sosial Dan Pembentukan Bi’ah Lughawiyyah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Analisis Pierre Bourdieu Di Mts Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 131-331. https://doi.org/10.53515/lan.v7i1.7019
Section
Articles