Pembelajaran Bahasa Arab Dngan Pendekatan Komunikatif terhadap Kemampuan Maharah Al Kalam Di Madrasah Tsanawiyah

  • Khairil Alhamzah UIN LAMPUNG
  • Muhammad Afif Amrulloh Uin raden intan lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab dan dampaknya terhadap kemampuan maharah al-kalam siswa kelas 7 Madrasah Tsanawiyah. Melalui desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diajarkan dengan pendekatan komunikatif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode tradisional, penelitian ini melibatkan 16 siswa. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan kemampuan berbicara siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif secara signifikan meningkatkan skor rata-rata maharah al-kalam siswa, dengan peningkatan yang mencolok antara pre-test dan post-test. Temuan ini juga mengindikasikan bahwa meskipun terdapat tantangan seperti minat siswa yang rendah, penggunaan metode yang interaktif dan menyenangkan dapat meningkatkan partisipasi dan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pengembangan metode pengajaran yang berfokus pada praktik berbahasa, guna menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam bahasa Arab. Dengan demikian, pendekatan komunikatif diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah.
Published
2025-11-30
How to Cite
Alhamzah, K., & Afif Amrulloh, M. (2025). Pembelajaran Bahasa Arab Dngan Pendekatan Komunikatif terhadap Kemampuan Maharah Al Kalam Di Madrasah Tsanawiyah. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 385-402. https://doi.org/10.53515/lan.v7i2.7047