Tren Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital: Suatu Kajian Pustaka

  • Moh Aziz Arifin Sekolah Tinggi Agama Islam Hidayatut Thullab Kediri

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian pustaka yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tren perkembangan pendidikan Bahasa Arab di era digital berdasarkan studi-studi terdahulu. Perkembangan teknologi informasi telah mendorong munculnya inovasi pedagogis yang mencakup penggunaan media digital, platform pembelajaran daring, aplikasi mobile, kecerdasan buatan, serta model pembelajaran berbasis data. Hasil telaah literatur menunjukkan bahwa era digital membawa tiga kecenderungan utama dalam pembelajaran Bahasa Arab: (1) digitalisasi materi dan media pembelajaran yang memperkaya pengalaman belajar melalui konten interaktif, multimedia, dan Learning Management System (LMS); (2) perluasan pendekatan pedagogis yang lebih komunikatif dan kolaboratif melalui pemanfaatan video konferensi, virtual classroom, dan social learning platform; serta (3) peningkatan intensitas penelitian berbasis teknologi seperti Natural Language Processing (NLP), computer-assisted language learning (CALL), dan mobile-assisted language learning (MALL). Meskipun demikian, literatur juga menunjukkan adanya tantangan, seperti kesenjangan digital, kompetensi teknologi guru yang belum merata, dan keterbatasan adaptasi kurikulum. Kajian ini menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pendidikan Bahasa Arab membuka peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, namun memerlukan strategi implementasi yang sistematis, relevan, dan berkelanjutan.
Published
2025-11-30
How to Cite
Arifin, M. A. (2025). Tren Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital: Suatu Kajian Pustaka. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 403-423. https://doi.org/10.53515/lan.v7i2.7083