Analisis Pembelajaran Maharah Istima' dengan Media Wordwall Game di Madrasah Tsanawiyah Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran maharah istima' dengan menggunakan media wordwall game Madrasah Tsanawiyah Surabaya. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya motivasi dan kemampuan menyimak siswa pada pembalajaran bahasa Arab, sehingga diperlukan media interaktif berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan wordwall game mampu meningkatkan perhatian, motivasi, dan kemampuan menyimak siswa secara signifikan. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata pretest sebesar 59.1 menjadi 80. 6 pada postest. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi melalui aktivitas game interaktif, kompetitif, dan memberikan umpan balik langsung. Kesimpulannya, media wordwall efektif digunakan dalam pemebalajran maharah istima' karena mampu menciptakn suasana belajar yang menarik dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang didengarkan.
Published
2025-12-21
How to Cite
Karlina Jum’atin Octavia, & Mohammad Nu’man. (2025). Analisis Pembelajaran Maharah Istima’ dengan Media Wordwall Game di Madrasah Tsanawiyah Surabaya. Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 468-480. https://doi.org/10.53515/lan.v7i2.7103
Section
Articles